BPPG Unesa Gelar Senam Bersama 2.000 Guru Catatkan Rekor MURI

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Sebanyak dua ribu lebih guru se-Kota Surabaya mengikuti senam bersama yang digelar Badan Pendidikan Profesi Guru (BPPG) Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Senam bersama yang bertepatan dengan peluncuran Senam Guru Indonesia (SGI) tersebut mencatatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai universitas pertama yang menginisiasi senam guru.

Kepala BPPG Unesa, Dr Fatkur Rahman Kafrawi MPd mengatakan, senam guru tersebut digagas berdasarkan kajian ilmiah yang menunjukkan rendahnya tingkat kebugaran fisik masyarakat Indonesia.

“Berdasarkan data, hanya sekitar 3.513 masyarakat Indonesia yang melakukan aktivitas kebugaran fisik. Padahal idealnya, salah satu faktor untuk membuat SDM Indonesia yang unggul adalah setidaknya ada 10.000 lebih masyarakat yang beraktivitas atau berolahraga,” ujar Fatkur usai peluncuran SGI di Lapangan Rektorat, Kampus 2 Unesa Lidah Wetan Surabaya, Sabtu (8/6/2024).

Baca Juga:  Antasena Falcon, Mobil Baru Hemat Energi Bahan Bakar Hidrogen Karya ITS

Dari kajian tersebut, PPG Unesa sebagai pencetak calon guru yang diproyeksikan untuk pendidikan nasional ke depan harus mampu menginisiasi program efektif yang disarankan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

“Jika seorang guru tidak memiliki badan yang bugar sewaktu mengajar, maka dikhawatirkan nantinya akan datang dengan emosi yang kurang stabil dan hal tersebut berpotensi memengaruhi suasana proses pengajaran di dalam kelas. Kalau gurunya bugar, kegiatan belajar mengajar di kelas akan berjalan lancar,” ungkapnya.

Baca Juga:  Unesa Luncurkan Program Pelatihan Bahasa dan Budaya Jawa Pertama di Malaysia
Baca Juga:  Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1445 H Jatuh pada 17 Juni 2024

Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Temu Ismail SPd MSi mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk praktik yang cukup baik dan mampu menjadi contoh bagi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) lainnya.

“Sebagai tindak lanjut, kegiatan ini nantinya akan diajukan ke Kemendikbud agar dapat diimplementasikan secara nasional dalam tahapan-tahapan tertentu. Jika implementasi ini berhasil, maka bukan hanya guru yang mendapat dampak positifnya, namun siswa juga ikut merasakan manfaatnya,” terangnya.

Selain senam bersama dan pemecahan rekor MURI, kegiatan dalam rangka Dies Natalis ke-60 Unesa ini juga digelar focus group discussion (FGD) dan showcase atau pameran yang menampilkan berbagai inovasi dari mahasiswa dan dosen PPG Unesa. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *