Karateka Putri Banyuwangi Usianya Masih 11 Tahun, Wakili Indonesia di Kejuaraan Internasional di Portugal

BANYUWANGI, SURYAKABAR.com – Karateka asal Banyuwangi, Aldhea Azarina Bharata akan mewakili Indonesia pada kejuaraan dunia karate The Miko (Maia International Karate Open) di Kota Maia, Portugal pada 2-3 Desember 2023. 

Karateka putri Banyuwangi yang masih berusia 11 tahun itu menjadi satu-satunya kontingen Indonesia yang turun di dua nomor kompetisi sekaligus yakni Kata (jurus) dan Kumite (Perkelahian).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani memberikan semangat dan dukungan langsung kepada Aldhea saat bertemu di Lounge Pelayanan Publik, Kantor Bupati Banyuwangi, Senin (20/11/2023).

“Selamat untuk Aldhea yang akan mewakili Indonesia di kejuaraan karate internasional. Kami doakan Aldhea bisa bertanding dengan meraih hasil yang terbaik,” ujar Ipuk menyemangati.

Ipuk mengaku bangga, karena siswi kelas 6 SDN 1 Mojopanggung tersebut di usianya yang masih sangat belia telah menorehkan banyak prestasi.

Baca Juga:  Ribuan Karateka se Indonesia Tampil di Kejurnas Karate Banyuwangi Open Championship 2023

Aldhea baru saja menyabet dua medali juara satu sekaligus untuk kategori Kata (jurus) dan Kumite (perkelahian) pada kejuaraan karate tingkat nasional di Jakarta.

“Tentunya tidak mudah untuk Aldhea bisa sampai di titik ini. Butuh latihan yang disiplin dan ketekunan selama bertahun-tahun. Semoga Aldhea bisa menjadi inspirasi anak-anak Banyuwangi agar semangat untuk mengejar prestasi,” cetus Bupati Ipuk.

Sementara itu Aldhea juga menyampaikan harapannya pada ajang kejuaraan dunia yang akan diikutinya tersebut bisa meraih juara. “Saya ingin menjadi juara,” ujarnya.

Saat bertemu Ipuk, Aldhea sempat memperagakan gerakan Kata (jurus) karate yang dikuasainya. Dengan full power jurus-jurus yang ditampilkan Dhea mengundang decak kagum semua orang.

Baca Juga:  Ini Pembagian Grup Babak 12 Besar Piala Soeratin U-17 2023 PSSI Jatim
Baca Juga:  Maroko U-17 Kalahkan Iran U-17 Lewat Drama Adu Tendangan Penalti di 16 Besar Piala Dunia U-17 2023

“Keren, tidak heran kalau bisa jadi juara. Semoga nanti hasil pertandingannya bisa mendapatkan yang terbaik ya,” cetus Ipuk.

Pelatih karate Aldhea, Firda Dian Pramana, mengatakan, kategori yang diikuti anak didiknya adalah pemula untuk usia di bawah 12 tahun.

Sebelumnya untuk persiapan mengikuti kompetisi ini, Aldhea sudah menjalani program training centre (TC) di pemusatan latihan nasional (Pelatnas) Jakarta, 4-15 November lalu.

“Setelah itu pulang ke Banyuwangi tetap melanjutkan program yang sudah diberikan, acuannya dari pelatnas. Nanti akan berangkat lagi untuk TC kedua pada 25-27 besok. Baru tanggal 29 terbang ke Portugal. Lombanya sendiri akan berlangsung pada 2-3 Desember,” terangnya.

Sementara itu ibunda Aldhea, Rina Mayasari mengatakan, putrinya ikut klub karate sejak kelas dua SD. Sebelum  dikirim untuk mewakili Indonesia ke ajang kompetisi internasional saat ini, Aldhea memenangi lomba karate sejak tingkat kabupaten.

“Awalnya oleh sekolah diikutkan lomba karate tingkat kecamatan, lalu ikut tingkat kabupaten, baru tingkat nasional. Alhamdulillah selalu menang juara pertama hingga akhirnya sekarang dikirim ke tingkat internasional,” kata Rina. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *