Ini Jumlah Uang Baru yang Disediakan Bank Jatim Cabang Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Selama Ramadhan dan menjelang Lebaran, masyarakat banyak yang menukarkan uang baru. Bank Jatim Cabang Sidoarjo menyediakan Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar setiap harinya untuk penukaran uang baru. Penukaran uang hanya dilakukan tiga kali dalam seminggu yakni Selasa, Rabu dan Kamis.

Kepala Cabang Bank Jatim Sidoarjo, Hariani mengatakan, penukaran uang baru sudah dibuka sejak, Senin (5/6/2017). Penukaran dilakukan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

“Untuk penukaran uang, kami menyediakan waktu tiga hari dalam seminggu, Selasa, Rabu dan Kamis,” kata Hariani kepada wartawan, Kamis (8/6/2017).

BERITA TERKAIT:

Meski diberi batas waktu tiga hari dalam seminggu, namun masyarakat masih bisa menukarkan uang baru di beberapa Bank Jatim Cabang Pembantu yang ada di Sidoarjo.

“Di Sidoarjo ada delapan Cabang Pembantu. Jadi masyarakat bisa menukarkan disana,” tambah Hariani.

Uang baru yang disediakan Bank Jatim diambil dari Bank Indonesia. Sementara untuk mengantisipasi uang palsu, di masing-masing bank sudah memiliki alat pendeteksi (ultra violet). Itu sebabnya, penukaran uang dari masyarakat terlebih dulu melalui alat pendeteksi.

“Insya Allah kalau masalah itu (uang palsu) aman. Kita sudah punya alatnya,” terangnya.

Hariani menambahkan, untuk penukaran uang baru, masing-masing orang dibatasi satu bandel berisi 100 lembar. Baik pecahan ribuan, lima ribuan, maupun puluhan.

“Untuk penukaran uang baru kami batasi. Sementara untuk pegawai negeri sipil alangkah baiknya melalui SKPD masing-masing,” jelasnya. (pn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *