Lima Siswa SD Al Falah Darussalam Tropodo, Sidoarjo, Lolos ke Final Kompetisi Sains Tingkat Nasional di Bogor

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – SD Al Falah Darussalam Tropodo, Sidoarjo rajin mengikuti olimpiade bidang ilmu matematika dan sains, serta bidang ilmu lainnya mulai tingkat daerah, nasional hingga level internasional.

Tidak jarang anak didiknya berhasil menang. Baru-baru ini, lima siswa dari sekolah tersebut lolos seleksi mewakili Sidoarjo ke final Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR) di Bogor, 29 Maret 2020.

Lima siswa SD Al Falah Darussalam Tropodo, Sidoarjo yang menembus final KSNR ke-2 untuk bersaing dengan sekolah lain di Indonesia itu yakni empat siswa dari kelas Inggris Class Program (ICP) dan satu siswa dari kelas reguler.

Empat siswa dari kelas ICP yakni Mutia Azzahra kelas 5, Raffi Akmal Nararya kelas 5, Satria Arkan Maulana kelas 5 dan Zaydghania Vivre Gazanezard kelas 5. Satu siswa dari kelas reguler, Fiorentina Aura Pinardhi yang saat ini juga duduk di bangku kelas 5.

BACA JUGA:

Kepala Sekolah SD Al Falah Darussalam Tropodo, Sidoarjo, Juniati mengatakan, setiap ajaran baru sekolah telah mempersiapkan anak didiknya ikut kompetisi atau olimpiade sesuai bakat masing-masing. Mereka yang terpilih, akan diberikan bimbingan oleh sekolah secara intensif.

“Setiap tahun kita ada program pemilihan siswa berbakat. Dari setiap kelas satu sampai enam, rata-rata ada tiga siswa yang terpilih,” kata Juniati kepada suryakabar.com, Selasa (3/3/2020).

Setiap siswa berbakat, kata Juniati, sekolah sudah menyiapkan program khusus binaan, namanya program diamond. Dilakukan secara intensif selama dua jam, setiap Sabtu. Tujuannya, menumbuhkan bibit-bibit baru siswa berprestasi dari sekolah.

“Bagi siswa berbakat yang terpilih akan diberikan materi khusus, dan sekolah menyiapkan guru pembimbing sesuai bidangnya. Ketika akan mengikuti olimpiade atau lomba, bahkan siswa akan dibukakan kelas sendiri, dan diberikan pelatihan secara intensif selama seminggu,” terangnya.

Juniati menambahkan, melalui program diamond dirasa mampu memberikan wadah para siswa yang ingin mengembangkan bakat. Seperti para siswa yang terpilih mewakili sekolah maupun Sidoarjo ke ajang KSNR di Bogor nanti. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *