KPP Pratama Sidoarjo Selatan Gelar Pojok Pajak 2021, Gaungkan Kepatuhan WP

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sidoarjo Selatan menggelar kegiatan rutin tahunan, Pojok Pajak di area perbelanjaan, di Lippo Plaza Sidoarjo.

Acara tersebut digelar tiga hari berturut-turut mulai, Rabu (24/2/2021) sampai Jumat (26/2/2021), pukul 10.00-15.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Sidoarjo Selatan, Elis Widiarini mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kepatuhan wajib pajak (WP).

Selain itu, untuk memberikan pendampingan, pelayanan secara langsung kepada masyarakat, khususnya WP saat melakukan proses pelaporan SPT Tahunan secara e-filing.

Terkait ketentuan dalam pelaporan SPT Tahunan ini, kata Elis, sapaan Elis Widiarini, bagi WP orang pribadi dilakukan atau paling lambat 31 Maret 2021, sedangkan PPh Badan, paling lambat 30 April 2021.

“Kegiatan semacam ini juga dilakukan di tengah-tengah masyarakat, terjun langsung ke kawasan tingkat daerah di kecamatan seperti di Jabon dan Candi,” kata Elis kepada suryakabar.com, Rabu (24/2/2021).

BACA JUGA:

KPP Pratama Sidoarjo Selatan menaungi lima wilayah kecamatan di Sidoarjo yakni Jabon, Porong, Tanggulangin, Candi, dan Sidoarjo Kota. Di lima kecamatan tersebut terdapat sekitar 109 ribu WP.

Data yang diterima suryakabar.com, per 23 Februari 2021, ada sekitar 12 ribu WP orang pribadi sudah melaporkan SPT Tahunan, atau sekitar 8 persen dari jumlah total WP.

Elis menambahkan, pihaknya akan terus berinovasi untuk memberikan edukasi terkait kepatuhan WP. Dengan cara seperti, membuka layanan di luar kantor, dan layanan mandiri di kantor.

Bahkan akan membuka layanan asistensi pengisian SP Tahunan bareng di instansi pemerintah, membuka kelas pajak, dan membuka layanan konsultasi live chat.

“Upaya terkait kepatuhan WP akan terus ditingkatkan, jika perlu memang akan langsung jemput bola. Tapi, biasanya tingkat kepatuhan WP baik orang pribadi maupun PPh Badan itu naik di masa akhir penyampaian,” pungkasnya. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *