Sekolah Pembangunan Jaya Bekerjasama dengan Lapan, Berpartisipasi Peringati InOMN 2020

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Sekolah Pembangunan Jaya (SPJ) 1 Bintaro Jaya Tangerang Selatan dan SPJ 2 Sidoarjo bekerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Pasuruan berpartisipasi dalam peringatan International Observe the Moon Night (InOMN) yang diselenggarakan NASA, Sabtu (26/9/2020).

Kegiatan itu dilakukan secara virtual, online selama dua jam, mulai pukul 18.30 WIB sampai 21.30 WIB oleh SPJ 2 Sidoarjo di halaman sekolah.

SPJ selaku host acara membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk mengikuti acara tersebut. Hasilnya, acara itu sukses menarik 400 lebih peserta dari 500 kuota yang tersedia di aplikasi zoom.

Wakil Kepala SMP Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo, Eulis Inalandiyawati mengatakan, acara tersebut sudah kedua kalinya digelar SPJ 2, Sidoarjo. Tapi pelaksanaannya berbeda dengan acara 2019. Saat itu acara digelar secara offline, dan kali ini karena adanya pandemi Covid-19, acara dilakukan secara online, melalui aplikasi zoom.

BACA JUGA:

“Acara kali ini semakin semarak dengan banyaknya peserta. Baik internal maupun luar sekolah, atau masyarakat umum. Peserta difaslitasi untuk bisa mengikuti acara tersebut dengan dua cara, melalui aplikasi zoom, dan melalui chanel youtube SPJ,” kata Eulis, sapaan akrab Eulis Inalandiyawati kepada suryakabar.com, Sabtu (26/9/2020).

Diharapkan, acara tersebut bisa memberi wawasan kepada siswa SPJ khususnya, lanjut Eulis. Juga bisa berbagi ilmu tentang benda luar angkasa dengan khalayak umum.

Kata Eulis, dalam acara tersebut peserta diajak mengelilingi bulan dengan alat pengamatan atau telescop. Tapi sebelumnya, para peserta terlebih dulu dibekali wawasan dan dikenalkan tentang bulan, dan fase-fase bulan.

“Harapan kami acara semacam ini bisa digelar setiap setahun. Terlebih pembelajaran tentang antariksa atau benda luar angkasa, meskipun mengenai bulan juga diajarkan kepada siswa di sekolah,” pungkasnya. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *