Forum BPD di Sidoarjo, Minta Dewan Dampingi Tingkatkan Kualitas Anggota

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Anggota Forum Badan Permusyawaratan Desa (BPD) melakukan hearing bersama jajaran anggota Komisi A DPRD Sidoarjo, Senin (28/9/2020).

Dalam acara itu, jajaran anggota forum BPD Sidoarjo meminta kawalan dari dewan tentang peningkatan kualitas bagi anggota forum supaya lebih optimal dalam melakukan pengawasan.

Dalam pembahasan di acara hearing itu, perwakilan anggota yang hadir menyampaikan sejumlah keberatan di antaranya, kurang sesuai jika di wilayah Sidoarjo terbentuk lembaga lain, selain BPD untuk menangani pembangunan desa.

Ketua Forum BPD Sidoarjo, Sigit Setiawan mengatakan, guna meningkatkan kualitas anggotanya, progam seperti bimbingan teknis (bimtek) perlu dilakukan.

Sebab, selama berjalannya forum tiga tahun ini, kendala yang biasa muncul, kata Sigit, sapaan Sigit Setiawan, seperti kebingungan bagi anggota baru yang usai dilantik, sudah disodori APBDes.

“Butuh program-program yang baik, guna meningkatkan anggota disini. Selain anggota baru, keanggotaan lama pun juga butuh terus diupgrade guna terwujudnya nawacita,” katanya kepada awak media termasuk suryakabar.com, Senin (28/9/2020).

BACA JUGA:

Lebih jauh, Sigit juga menyampaikan, akan disayangkan jika adanya potensi organisasi atau forum lain yang sejenis lembaga BPD. Seperti, Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) di Sidoarjo.

“Tidak perlu atau mungkin ada dua lembaga yang sama kan. Jika pun ada, sepertinya dilakukan pengkajian ulang dulu,” paparnya.

Anggota Komisi A DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan mengatakan, forum BPD tersebut sudah lama berdiri. Itu sebabnya dinilai sudah cukup kompak melakukan pengawasan di tingkat desa. Perannya pun sudah banyak, dan hasil yang diberikan pun positif.

Gus Wawan, sapaan Sullamul Hadi Nurmawan menambahkan, jika adanya forum BPD itu guna menciptakan keseimbangan pemerintahan di tingkat desa. Tapi, terkait tuntutan untuk progam peningkatan kualitas anggota juga perlu difasilitasi.

“Selama ini forum BPD sudah kompak, mereka juga memberikan informasi di tingkat desa dengan cepat dan akurat,” pungkasnya. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *