Porprov Jatim 2019
Futsal Pamekasan Ukir Sejarah di Porprov Jatim

TUBAN, SURYAKABAR.com – Tim futsal Pamekasan mengukir sejarah di ajang Porprov Jatim VI 2019. Ini menyusul keberhasilan mereka lolos ke perempat final.

Menembus delapan besar menjadi sejarah baru bagi futsal Pamekasan, karena ini kali pertama tim asal Madura itu tampil di babak utama Porprov Jatim.

Pada Porprov Jatim IV 2013 Madiun, Pamekasan tidak ambil bagian, sedang pada Porprov Jatim V 2015 Banyuwangi, Pamekasan tidak lolos kualifikasi.

Kepastian melajunya Pamekasan ke perempat final, setelah di laga pamungkas babak penyisihan Grup A
mengalahkan Bangkalan 7-3 (2-1) dalam derby Madura di Gajah Futsal Tuban, Minggu (7/7/2019).

Tambahan tiga poin ini menempatkan Pamekasan finis sebagai runner up Grup A mengumpulkan enam poin, hasil dua kali menang dan satu kali kalah. Juara Grup A disabet Surabaya dengan sembilan poin.

“Kemenangan ini kami raih berkat kekompakan pemain di lapangan dan motivasi tanding yang tinggi,” kata Muhammad Fazlul Akbar, Head Coach Pamekasan menjawab suryakabar.com usai pertandingan.

Dituntut wajib menang agar peluang lolos ke perempat final terbuka, Bangkalan menyentak dengan mencetak gol lebih dulu menit 2 melalui Kapten Tim Ahmad Junaidi.

Pamekasan membalikkan kedudukan menjadi 2-1 lewat Fahrus Refandi menit 8 dan Refanza Aditiya menit 12. Hingga babak pertama berakhir tidak ada tambahan gol lagi.

Mengawali babak kedua, kedua tim sama-sama saling menyerang. Pamekasan mencetak gol ketika pertandingan memasuki menit 33 lewat Ach Fadlurrahman. Berselang satu menit Fadlurrahman kembali mencetak gol untuk mengubah kedudukan menjadi 4-1.

Tertinggal 1-4, Bangkalan powerplay. Strategi ini menghasilkan dua gol lewat Nur Cholis menit 36. Berselang beberapa detik Asadin Sabilar mengubah skor menjadi 3-4.

Tempo pertandingan kembali meningkat. Refanda Aditya mencetak gol menit 37 untuk Pamekasan dan skor
berubah menjadi 5-3.

Lewat serangan balik cepat kiper Pamekasan melempar bola jauh ke depan. Bola lambung di sisi kanan pertahanan Bangkalan langsung divoli Refanza Aditya menit 39 untuk menjadikan skor menjadi 6-3. Beberapa detik menjelang pertandingan berakhir Bima Ja’far memastikan kemenangan Pamekasan 7-3.

Pada perempat final, Pamekasan akan menghadapi juara Grup B Kota Malang. Sementara bagi Bangkalan ini merupakan kekalahan ketiga beruntun di babak utama Porprov Jatim VI 2019. Hasil ini bertolak belakang dengan raihan Bangkalan selama kualifikasi yang berhasil menyapu bersih kemenangan di lima
laga. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *