Kemenkeu Mengajar 9 Edukasi Literasi Keuangan kepada Ribuan Siswa di 6 Sekolah Se-Malang Raya

MALANG, SURYAKABAR.com – Program Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Mengajar 9 digelar serentak di sejumlah daerah seluruh Indonesia, Senin (7/10/2024). Salah satunya di Malang Raya yang menyasar enam titik sekolah mulai dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, hingga SMAN.

Program Kemenkeu Mengajar ini telah menginjak tahun kesembilan. Tujuannya untuk memberikan pengetahuan kepada siswa terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta literasi keuangan dan seputar Kemenkeu.

Koordinator Daerah Kemenkeu Mengajar 9 Malang Raya, Okky Verizky Nobelta menjelaskan, kegiatan ini diikuti 1.780 siswa yang terdiri dari enam sekolah. Terdapat 195 pengajar sekaligus panitia untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Okky berharap kegiatan ini menambah pemahaman terkait literasi keuangan bagi siswa dan menjadi bekal mereka sebagai masyarakat maupun nantinya ketika masuk dalam pemerintahan.

Baca Juga:  Kemenkeu Mengajar 9 Edukasi Keuangan di 8 Sekolah Kolaborator di Surabaya

“Kemenkeu Mengajar mencoba menanamkan tentang keuangan negara, fungsinya apa, di dalamnya ada apa, lalu pajak tugasnya untuk apa. Itu disesuaikan dengan kehidupan mereka sehari-hari,” katanya, Senin (7/10/2024).

Usai melaksanakan program, akan dilakukan refleksi oleh setiap panitia yang terlibat untuk membicarakan hasil dari kegiatan. Selain itu masukan demi perbaikan program yang akan datang.

“Harapan bagi siswa siswi ini, mereka akan lebih tahu tentang Kemenkeu. Karena banyak yang gak tahu bagaimana Kemenkeu serta pengenalan tentang APBN,” terangnya.

Baca Juga:  Kemenkeu Mengajar ke-9 di Sidoarjo Hadir di SD Muhammadiyah 1 Candi Labschool Umsida, SMPIT Insan Kamil, dan SMK Telkom Sidoarjo

Wildcard Kemenkeu Mengajar 9, Nurtjahjo Budidananto, mengatakan, materi pembelajaran telah disesuaikan berdasarkan level kelas para siswa. Hal tersebut untuk memudahkan siswa menerima materi yang disampaikan.

“Kemenkeu Mengajar 9 ini mengenalkan ke siswa dan komunitas pendidikan tentang Kementerian Keuangan beserta strukturnya, APBN, pajak, dan lainnya. Termasuk juga literasi keuangan bagi siswa,” ujarnya.

Nurtjahjo hadir langsung dan mengamati proses KM9 di MIN 1 Kota Malang. Ia menilai program ini disambut baik para guru dan siswa. Hal itu terlihat dari antusiasme siswa yang tampak bersemangat mengikuti kegiatan tersebut mulai awal hingga akhir.

“Kegiatan ini sudah berjalan selama sembilan kali, tiap tahun pasti ada. Kita datangi siswa-siswa sehingga mereka bisa tahu dan lebih mengena ke mereka. Tadi ada siswa yang mau bekerja di Kemenkeu, nah kita juga ada pengenalan oleh siswa dari STAN,” lanjutnya.

Baca Juga:  Direktorat Jenderal Pajak Luncurkan Simulator Coretax

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di berbagai sekolah di Indonesia. Untuk wilayah Malang Raya menyasar MIN 1 Kota Malang, MTsN 1 Kota Malang, SMAN 6 Malang, SDN 2 Ngadas, SDN 1 Gubugklakah dan SDN Sidomulyo 1.

Sementara itu, Kepala MIN 1 Kota Malang, Siti Aisyah, bersyukur siswanya mendapatkan kesempatan belajar langsung dari orang-orang Kemenkeu tentang literasi keuangan.

Pihaknya menyambut baik program Kemenkeu Mengajar ini sehingga peserta mendapat gambaran baru tentang keragaman profesi yang ada.

“Siswa memerlukan motivasi dan inspirasi yang tinggi agar dapat meraih cita-cita. Selama ini siswa hanya mengetahui jenis-jenis pekerjaan yang terbatas, seperti Guru, TNI, Polri, Jaksa, Dokter, dan lainnya. Dengan kegiatan ini, mereka mulai terbuka bahwa ada Kemenkeu yang menangani di antaranya Bea Cukai, Pajak, dan lain-lain,” bebernya. (abs)