Berita Sidoarjo
20 Ruas Jalan di Sidoarjo Siap Dibeton Tahun Ini

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Dari 20 ruas jalan di Sidoarjo yang akan dibeton di 2024, sebanyak 6 ruas jalan sudah masuk Surat Perintah Kerja (SPK). Salah satunya adalah ruas jalan Kludan Kecamatan Tanggulangin hingga Kecamatan Tulangan.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor menegaskan, betonisasi ruas jalan antar desa antar kecamatan merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk memacu pembangunan infrastruktur dengan merealisasikan pembetonan 6 ruas jalan yang pengerjaannya ditargetkan mulai dilaksanakan di triwulan pertama.

“Langkah ini merupakan bagian dari rencana besar peningkatan kualitas jalan, yang melibatkan total 20 ruas jalan yang sebagian besar masih proses, sedangkan 6 ruas jalan siap dikerjakan, awal tahun triwulan pertama ini langsung kerja gaspol,” tuturnya, Sabtu (9/3/2024).

Baca Juga:  Bupati Gus Muhdlor Pastikan Aduan Masyarakat Terkait Jalan Rusak, Cepat Direspon

Gus Muhdlor, sapaan akrab bupati berharap, langkah proaktif ini tidak hanya meningkatkan aksesibilitas, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

“Dari 20 ruas jalan itu, nantinya juga ada yang fokus pada saluran air juga untuk mengantisipasi banjir di beberapa titik yang memang rawan banjir atau jalan yang tidak layak,” tambahnya.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor (tengah).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo (PUBMSDA) Dwi Eko Saptono mengatakan, dari 20 paket pekerjaan yang akan dikerjakan Dinas PU Bina Marga SDA ada paket yang dimulai pada triwulan pertama tahun ini.

“Ke 6 paketnya merupakan peningkatan jalan atau betonisasi dan 13 Maret 2024 nanti sudah masuk tahap pengerjaan atau kontraktor sudah mengantongi Surat Perintah Kerja (SPK),” jelasnya.

“Sedangkan 2 paket sisanya yaitu pembangunan saluran atau drainase yaitu di Geluran – Suko dan pembangunan saluran jalan di Desa Singogalih, Kecamatan Tarik,” lanjutnya.

Baca Juga:  UM Surabaya Resmikan At Ta’awun Tower 23 Lantai dan Groundbreaking RSGM
Baca Juga:  favehotel Sidoarjo Sambut Ramadhan Siapkan Promo Menu Spesial hingga Grand Prize Sepeda Motor Matic

Dwi juga menerangkan, betonisasi sangat dibutuhkan bagi puluhan ruas jalan di Sidoarjo. Sebab, kondisinya sebagian rusak dan beberapa belum memiliki saluran air.

“20 Paket pekerjaan yang jadi fokus kami tahun ini, di antaranya betonisasi dan sebagian lainnya perbaikan saluran air agar dapat meminimalisir banjir di Sidoarjo,” tutupnya.

Ia menambahkan beberapa proyek tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Dari 6 paket pekerjaan yang sudah siap pada triwulan pertama itu, ada 2 pekerjaan yang menggunakan DAK yaitu peningkatan jalan Modong – Grabagan, dan peningkatan jalan Masangan Wetan – Sukodono,” tandasnya. (sat)

Dari Data Dinas PUBMSDA Kabupaten Sidoarjo, ke 20 ruas jalan tersebut yakni :
1. Ruas Jalan Bakung Pringgodani
2. Ruas Jalan Dukuhsari – Semambung
3. Ruas Jalan Seduri A
4. Ruas Jalan Seduri B
5. Ruas Jalan Kludan – Kenongo
6. Ruas Jalan Jabon
7. Ruas Jalan KH. Husein
8. Ruas Jalan Wonoplintahan – Jedong
9. Ruas Jalan Banjarsari – Dukuhtengah
10. Ruas Jalan Sukodono Ponokawan – Masangan Wetan Sukodono
11. Ruas Jalan Modong – Grabagan
12. Ruas Jalan Ngelom – Barengkrajan
13. Ruas Jalan Bakung Pronggodani – Penambangan
14. Ruas Jalan Bringinbendo – Sidodadi
15. Ruas Jalan Candinegoro – Terungkulon
16. Ruas Jalan Mergosari
17. Ruas Jalan Tebel – Gemurung
18. Ruas Jalan Wage
19. Ruas Jalan Pilang Sawocangkring
20. Ruas Jalan Banjarsari – Tanggulangin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *