Asah Kemampuan Logika dan Matematika Siswa SMA Lewat Games PCU IRGL 2023

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Mahasiswa Program Informatics Petra Christian University (PCU) Surabaya menggelar Informatics Rally Games and Logic (IRGL) 2023.

Kompetisi tahunan nasional yang digelar selama tiga hari berturut-turut mulai 19-21 Oktober 2023 itu bertujuan untuk mengasah kemampuan logika dan matematika sederhana para siswa SMA di seluruh Indonesia.

Dosen Penanggung Jawab Acara, Alexander Setiawan SKom MT mengatakan, kompetisi games berbasis teknologi ini diusung program Informatics, Business Information System, dan Data Science and Analytics PCU.

Menurut Alex, IRGL 2023 ini tujuannya untuk memberikan wadah pengetahuan dan pengenalan, melatih kerja sama dan kemampuan analisis, membangun jiwa kompetitif, serta memberikan pengalaman baru bagi peserta.

Baca Juga:  PCU Gelar ICEA Bahas Dampak Desain Arsitektural pada Kesehatan

“Sebanyak 20 permainan dibuat khusus mahasiswa semester 3 dan 5 Program Informatics PCU. Seluruh games yang dibuat, bahasa pemrogramannya memakai C#, Pemrograman Unity, berbasis website, C + + dan lain-lain,” ujar Alexander melalui keterangannya di Surabaya, Sabtu (21/10/2023).

Alexander menjelaskan, kompetisi IRGL 2023 ini mengangkat tema “Journey to The Heart of The Archipelago”.

Tema ini menceritakan tentang perjalanan sekelompok penjelajah dalam memecahkan misteri hati Nusantara yang selama ini telah padam.

Baca Juga:  Memorabilia Intimate Dinner Suguhkan Konser Musik Nostalgia Bernuansa Intim
Tampilan game Nonogram.

“Karena padamnya hati Nusantara itu menyebabkan kekacauan dan bencana di seluruh Nusantara. Para penjelajah itu harus menghadapi segala rintangan, demi menghidupkan kembali Nusantara yang dicintai ini,” jelasnya.

Alexander mengungkapkan, peserta yang tiap kelompok beranggotakan tiga orang tersebut harus melalui tiga babak, yaitu babak eliminasi, semifinal, dan final.

“Lomba ini memperebutkan total hadiah Rp 65 juta. Materinya seputar matematika dasar dan logika berpikir sederhana saja,” ungkapnya.

Setidaknya, lanjut Alexander, ada 80 kelompok yang bersaing untuk mengumpulkan poin tertinggi dalam babak eliminasi. Selama kurang lebih tiga jam, para peserta akan bermain 15 games yang dimainkan secara rally.

“Saat melakukan permainan, peserta harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya untuk membeli kekuatan yang bisa dipakai dalam game akhir pada babak eliminasi,” terangnya.

Baca Juga:  Mahasiswa Unesa Gelar Aksi Sadar Kesehatan Mental

Salah satu tim IT Games dalam IRGL 2023, Alloysius Steven Hartoyo mengatakan, keseruan terlihat saat para peserta bermain di pos permainan yang bertajuk JIROLU (Siji Loro Telu) Park.

Game ini memerlukan kerja sama dan kekompakan tim yang baik, dengan durasi bermain selama 10 menit.

“Saya menggunakan Unity sebagai game engine untuk mengembangkan atau memproduksi game JIROLU Park tersebut. Pengembangan game-nya terinspirasi dari video game Pico Park,” katanya.

Nama JIROLU Park dipilih karena karakter yang dimainkan para player harus melompat atau berjalan secara kompak bersamaan untuk melewati rintangan yang ada. Sehingga, kata ji-ro-lu dipilih karena berbunyi seperti aba-aba dalam Bahasa Jawa.

“Sehingga, IRGL 2023 ini tak hanya mengajarkan untuk bermain dan belajar saja, tetapi juga diajarkan untuk saling bekerja sama dan tidak menyalahkan satu sama lain di antara anggota tim,” jelas Alex.

20 Kelompok terunggul dengan skor tertinggi bisa melanjutkan ke babak semifinal yang digelar pada hari kedua, Jumat (20/10/2023) di Auditorium Gedung W PCU Surabaya.

Mereka harus bermain dua games, yaitu Right-Color dan Nonogram. Uniknya, dalam permainan Right-Colour, para peserta diminta untuk berupaya menyelesaikan sebuah teka-teki dengan warna sesuai urutan. Artinya, mengasah logika dan problem solving para peserta.

Sementara itu, tim siswa SMA St. Carolus Surabaya, mengaku senang bisa ikut IRGL 2023. “Seru sekali. Soalnya mengasah kemampuan kita, meskipun lelah, sebab harus berpindah gedung saat melakukan rally games ini. Tapi, kami yakin bisa lolos ke babak selanjutnya,” pungkasnya. (aci) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *