Dinobatkan Jadi Juara Duta Anti Narkoba Sidoarjo 2019, Begini Komentar Hafizh Wisaam Rafii

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Panitia Pemilihan Duta Anti Narkoba Kabupaten Sidoarjo 2019 menobatkan Hafizh Wisaam Rafii berpasangan dengan Lussy Yuris Frasticha menjadi juara Duta Anti Narkoba Sidoarjo 2019.

Grand Final Pemilihan Duta Anti Narkoba Kabupaten Sidoarjo 2019 diselenggarakan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Disporapar Sidoarjo di halaman parkir Mall Suncity, Sidoarjo, Sabtu (16/11/2019) malam.

Kegiatan ini adalah puncak rangkaian yang diawali dengan technical meeting dan seleksi (tes tulis dan deep interview). Terpilih 20 finalis putra – putri melaju pada Grand Final Duta Anti Narkoba 2019. Kegiatan ini dalam rangkaian memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2019.

Usai dinobatkan menjadi juara Duta Anti Narkoba Sidoarjo 2019, Hafizh Wisaam Rafii mengaku senang sekali, namun siswa kelas XI IPA 2 SMA Al Muslim ini juga mengaku tidak menyangka bisa menjadi juara pertama.

“Padahal yang lainnya juga sangat bagus-bagus dan pintar-pintar. Ini sebuah amanah yang harus saya emban dengan sebaik-baiknya,” kata Hafizh Wisaam Rafii.

Menurut Hafizh Wisaam Rafii, pengguna narkoba bukanlah pelaku kriminal, karena mereka salah dalam pergaulan saja. “Makanya saya berharap kepada masyarakat, jangan jauhi mereka, tapi dekati dan berikan pergaulan yang baik. Karena sejatinya setiap manusia yang lahir adalah pribadi yang baik,” urainya.

Setelah dinobatkan sebagai Duta Anti Narkoba Sidoarjo 2019, Hafizh Wisaam Rafii ingin menjadi media bagi teman-temannya dan masyarakat Sidoarjo mengenai penyalahgunaan narkoba dan juga bahaya narkoba.

Sementara itu ibunda Hafizh Wisaam Rafii, Yuli Arifiana berharap setelah dinobatkan menjadi Duta Anti Narkoba Sidoarjo 2019 Hafizh Wisaam Rafii lebih mengetahui dan paham bahaya narkoba.

“Saya berharap dia lebih mengetahui dan paham bahaya narkoba serta cara untuk menghindarinya sekaligus menjadi penggerak di lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat atas bahaya narkoba,” ujar Yuli Arifiana yang sehari-hari sebagai pegawai Ditjen Pajak KPP Surabaya Sukomanunggal.

juara anti narkoba
Hafizh Wisaam Rafii (kiri) dan Lussy Yuris Frasticha menjadi juara Duta Anti Narkoba Sidoarjo 2019 mengapit Bupati Saiful Ilah.

Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, S.H., M.Hum, saat hadir dan membuka Grand Final Pemilihan Duta Anti Narkoba Sidoarjo 2019, mengingatkan para Duta Anti Narkoba Sidoarjo agar serius ikut dalam mencegah penyalahgunaan Narkoba di Kota Sidoarjo.

Duta Anti Narkoba ini, lanjut Bupati, akan dijadikan ikon milenial sehat tanpa narkoba yang sejalan dengan tema peringatan HANI tahun ini.

Sebagai Duta Anti Narkoba, lanjut Bupati, diharapkan nantinya mereka bisa menggelorakan semangat membara untuk menyadarkan seluruh komponen bangsa dalam membangun solidaritas sebagai upaya mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang menjari ancaman kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Menurut ia, acara pemilihan juara Duta Anti Narkoba yang tiap tahun digelar itu, bukan hanya sekadar program seremonial saja, tetapi harus ada action dan hasil nyata dalam ikut membendung korban Narkoba di Sidoarjo.

“Peserta Duta Anti Narkoba Sidoarjo, harus ikut melakukan upaya preventif akan penyalagunaan Narkoba. Misalnya dapat memberikan wawasan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba di tengah-tengah masyarakat,” pungkas Bupati Sidoarjo.

Ia menyitir data dari BNN menunjukkan, sekitar 162 juta sampai dengan 324 juta orang yang berusia produktif (15-64 tahun) yang mengkonsumsi narkotika dan kurang lebih 183 ribu orang meninggal dunia setiap tahunnya, akibat penyalahgunaan narkotika. (es)

JUARA DUTA ANTI NARKOBA KABUPATEN SIDOARJO 2019
JUARA I
Hafizh Wisaam Rafii (SMA Al Muslim)
Lussy Yuris Frasticha (Unesa)

JUARA II
Mohamad Mundir (STIE Perbanas)
Fina Diraida Salim (SMAN 1 Tarik)

JUARA III
Muhamad Ilham M (SMK Yapalis Krian)
Angela Azzahra (MAN Sidoarjo)

JUARA FAVORIT
Tengku Ailisyach F.K. (SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo)
Rizka Putri Auliya (MAN Sidoarjo)

JUARA BERBAKAT
Mohamad Adhimas Ziddan A (SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong)
Salsabila Adinda (SMAN 3 Sidoarjo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *