Kualifikasi Piala Dunia 2026
Laga Timnas Indonesia Lawan Tuan Rumah Tiongkok di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Dipimpin Wasit dari Timur Tengah, Pernah Mimpin Australia Vs Bahrain

SURYAKABAR.com – Timnas Indonesia akan menjalani matchday keempat Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia menghadapi tuan rumah Tiongkok di Stadion Qingdao Youth Football, Selasa (15/10/2024) malam.

Laga ini akan dipimpin wasit dari Uni Emirat Arab, Omar Al-Ali. Sosok Omar Al-Ali menjadi sorotan, karena sama-sama berasal dari Timur Tengah seperti Ahmed Al Kaf dari Oman yang keputusannya kontroversial saat memimpin laga Bahrain menjamu Timnas Indonesia.

Sebelum ini wasit Omar Al-Ali sudah diberi kepercayaan memimpin laga Australia menjamu Bahrain di matchday pertama.

Baca Juga:  PSSI Akan Kirim Surat Protes Terkait Kepemimpinan Wasit Ahmed Al Kaf pada Laga Bahrain Vs Indonesia

Kendati sudah mengantongi lisensi wasit FIFA, Omar Al-Ali tak luput dari keputusan kontroversial juga saat memimpin pertandingan.

Seperti saat memimpin Australia kontra Bahrain, Omar Al-Ali membuat keputusan kontroversial dengan mengeluarkan satu kartu merah untuk pemain Australia Kusini Yengi menit 77 yang dianggap melakukan pelanggaran keras terhadap Sayed Baqer.

Tidak hanya itu Omar Al-Ali juga mengeluarkan tiga kartu kuning untuk pemain Australia, Kye Rowles, Alessandro Circati dan Harry Souttar. Sementara pemain Bahrain yang diganjar kartu kuning Abdulla Alkhulasi dan Abbas Alasfoor.

Baca Juga:  Komentar Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia Lawan Tuan Rumah Tiongkok di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kepemimpinannya dinilai kurang tegas saat ada aksi guling-guling pemain Bahrain di tengah lapangan untuk mengulur waktu.

Pada laga tersebut Australia menelan kekalahan 0-1 dari gol bunuh diri dari si ‘menara’ Harry James Souttar menit 89.

Menengok profil Omar Al-Ali, dia lahir 16 Februari 1988 di Sharjah, Uni Emirat Arab. Omar Al-Ali pertama kali memimpin sebagai wasit pada musim 2013-2014.

Baca Juga:  Pesan Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Nyaris Kalahkan Bahrain

Saat ini Omar Al-Ali sudah mengantongi lisensi wasit AFC dan FIFA. Lisensi FIFA dia dapat pada 2015. Dia merupakan wasit profesional yang memimpin pertandingan di Liga Uni Emirat Arab.

Debutnya memimpin laga internasional pada uji coba Irak melawan Kongo, 28 Maret 2015. Dia baru mendapat kesempatan pertama memimpin kompetisi resmi di bawah AFC pada 27 Maret 2018 saat Korea Utara melawan Hongkong di Kualifikasi Piala Asia 2019. Pada Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia, FIFA juga menugaskan Omar Al-Ali. (*)