Mencecap Nikmatnya Masakan Melayu yang Kaya Rempah di Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Masakan Melayu mempunyai ciri khas, bumbu dari rempah-rempah yang melimpah. Itu membuat masakan Melayu berbeda dengan masakan lainnya. Di Sidoarjo, masakan Melayu bisa dinikmati di Kedai Pak Cik Abin, Jalan Pagerwojo, Kecamatan Sidoarjo.

“Kedai masakan Melayu dengan konsep kafe modern belum ada di Sidoarjo, padahal masakan ini sangat banyak peminatnya,” tutur pemilik Kedai Pak Cik Abin, Okky Rahmawati, Jumat (2/12/2022).

Ia mengingat, sebelum membuka kedainya pada 2017 dirinya sempat berkeliling Kota Delta, namun belum terlihat kafe yang menyajikan masakan Melayu.

Okky mengatakan, kedainya menyediakan masakan khas Melayu seperti mi laksa, mi Aceh, gulai kepala ikan dan beragam jenis nasi goreng.

“Yang paling banyak digemari pelanggan yaitu mi laksa dan mi kak ros. Selain itu ada mi Aceh yang kami sajikan goreng dan rebus,” ujarnya.

BACA JUGA:

masakan1

Ia menerangkan, mi laksa memakai kuah yang kental, karena menggunakan santan, sehingga rasanya creamy, sedangkan mi kak ros kuahnya lebih encer, karena tanpa santan, sehingga terasa gurih ditambah toping udang.

“Kak Ros diambil dari tokoh serial kartun Upin Ipin yang populer dan digemari banyak orang,” jelasnya.

Meskipun dalam satu wilayah di kompleks pusat kuliner Transmart, kedai Pak Cik Abin selalu terlihat ramai dikunjungi penggemar masakan Melayu.

Arifin warga Desa Gelam, Kecamatan Candi Sidoarjo mengatakan, sebelum kedai Pak Cik Abin Sidoarjo dibuka, dirinya harus ke Surabaya untuk mencecap masakan Melayu kesukaannya.

“Sebagai orang Aceh, menikmati masakan Melayu bisa menjadi obat rindu kampung halaman. Saya selalu bersama keluarga saat datang ke sini,” katanya.

Arifin mengatakan, setiap bulan selalu mampir di kedai Pak Cik Abin. “Menu yang paling saya suka ya mi laksa. Kuah, rempah dan pedasnya memang maknyus,” imbuhnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *