Operasi Zebra Semeru 2022 Dimulai, Ini Prioritas Penindakan Pelanggarannya

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro memimpin Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Semeru 2022 di halaman depan Mapolresta Sidoarjo, Senin (3/10/2022) pagi.

Kusumo mengatakan, dalam Operasi Zebra kali ini ada beberapa prioritas penindakan di antaranya larangan berboncengan lebih dari satu, pengendara di bawah umur, berkendara dalam pengaruh alkohol, berkendara menggunakan alat komunikasi, berkendara melawan arus, tidak menggunakan sabuk keselamatan bagi kendaraan roda empat maupun lebih dan memacu kendaraan melebihi batas kecepatan.

BACA JUGA:

sebra semeru

Menurut mantan Wakapolresta Banyuwangi ini, Operasi Zebra bertujuan meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam tertib berlalu lintas, terutama menghadapi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. “Operasi Zebra ini dimulai 3 Oktober sampai 16 Oktober 2022, dengan melibatkan unsur TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP,” tuturnya.

Ia melanjutkan, Operasi Zebra Semeru 2022 bertujuan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas) bagi masyarakat, khususnya para pengguna jalan. Didukung dengan meningkatnya kedisiplinan dan kesadaran pengguna jalan dalam berlalu lintas.

“Untuk itu kita tekankan upaya-upaya secara profesional serta edukasi humanis kepada masyarakat, dengan penegakan disiplin baik secara tilang elektronik maupun manual untuk mencegah terjadinya pelanggaran lalu lintas guna mengurangi faktor risiko kecelakaan lalu lintas,” imbuhnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *