Peringati Hari Air Sedunia, Kabupaten Blitar Gelar Bersih Sungai di Dusun Semanding, Bangle, Kanigoro

BLITAR, SURYAKABAR.com – Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Blitar memperingati Hari Air Sedunia yang dilakukan secara serentak di seluruh kecamatan bertempat di sumber air masing-masing wilayah, Jumat (26/3/2022).

Kegiatan dihadiri Sekda Kabupaten Blitar, Asisten I, Asisten III, perwakilan Kepala OPD, muspika dan masyarakat setempat.

Hari Air Sedunia mengusung tema Groundwater sedangkan tema DLH Kabupaten Blitar yaitu Tanpa Cinta Bisa Hidup, Tanpa Air akan Mati Kelola Air Dengan Bijak Demi Keberlangsungan Hidup. Selaras dengan tema peringatan Hari Air Sedunia, Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar Izul Marom mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kelestarian air.

Izul menyebut cara menjaga kelestarian air di antaranya tidak membuang sampah di aliran sungai, melakukan penghijauan dan menggunakan air sesuai kebutuhan. Oleh sebab itu, kegiatan peringatan Hari Air Sedunia yang dilakukan DLH di antaranya bersih-bersih sungai, penanaman pohon peneduh dan tebar bibit ikan di Sungai Semanding Desa Bangle Kecamatan Kanigoro.

“Penanaman pohon di sekitar sungai berguna untuk menyimpan air dalam jangka waktu yang lama,” ujarnya.

BACA JUGA:

  • Wisata Kampung Kue Surabaya jadi Tujuan Destinasi Wisata Kuliner, Omzetnya Tembus Rp 15 Juta per Hari
  • Dulu Kali Sumber Seng di Banyuwangi Ini Penuh Sampah, Kini jadi Sentra Ikan

Selain itu, dengan menjaga lingkungan, maka air di sekitar kehidupan tidak akan mudah tercemar. Sehingga, air yang dipakai dan yang dikonsumsi bersih, sehat dan aman untuk digunakan.

“Pagi ini kami melakukan penanaman pohon dan pelepasan benih ikan sebanyak 30 ribu ekor dan membersihkan di sekitar sungai,” ujarnya.

Izul menegaskan kepada pecinta alam, seluruh komponen masyarakat dan pemda untuk melestarikan dan tidak merusak serta mencemari. Mari kita jaga bersama kelestarian air untuk kehidupan bersama.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Achmad Cholik menambahkan, kegiatan dilakukan di Kanigoro yang merupakan Ibu Kota Pemkab Blitar dan Kantor DLH bertempat di Kanigoro. Namun, kegiatan, ini diikuti seluruh kecamatan dengan kegiatan yang sama.

“Nantinya, pelaksanaan peringatan Hari Air secara nasional dilakukan serentak pada 30 Maret,” tambahnya.

Cholik mengajak seluruh masyarakat untuk memiliki ide kreatif, mandiri dan mempertahankan sumber air. “Mari bersama mempertahankan sumber air, menanam pohon, menjaga kualitas air, menjaga agar tidak terjadi erosi dengan menanam pohon serta menjaga kualitas dan kuantitas air, sehingga sehat untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *