Program Jargas di Sidoarjo mulai Proses Pemasangan dan Pengujian Pipa

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Pembangunan program jaringan gas (Jargas) yang dilakukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama PT Perusahaan Gas Negara di Sidoarjo, mulai melakukan proses pengerjaan pipa gas sambungan rumah (SR).

Seperti dalam pantauan suryakabar.com, proses pengerjaan pipa SR dilakukan di RW 05 Perumahan Taman Candiloka Desa Ngampelsari, Kecamatan Candi, Sidoarjo, sejak Minggu (18/4/2021).

Salah seorang pengawas lapangan dalam program jargas ini, Gibran mengatakan, pihaknya tengah melakukan pemasangan dan pengujian pipa gas alam khusus kebutuhan rumah tangga. Setiap hari, satu tim rata-rata melakukan pemasangan pipa untuk sekitar 31 rumah.

“Diupayakan dikerjakan secara maksimal, dan dikerjakan dengan baik. Ada empat tim di sini, sudah melakukan pemasangan ratusan pipa gas,” kata Gibran kepada suryakabar.com, Kamis (22/4/2021).

BACA JUGA:

Wakil Ketua RT 02 RW 05 Perum Taman Candiloka, Desa Ngampelsari, Slamet mengaku senang dan bersyukur adanya program jargas tersebut.

jargas candi1

Lebih jauh, Slamet berharap, setelah dilakukan pemasangan dan pengujian pipa agar selanjutnya juga diberikan sosialisasi kembali mengenai tata cara dan manfaat serta keuntungan jargas.

“Kita senang ada jargas. Kami berharap ketika proses pemasangan selesai, ada tim yang memberikan sosialisasi terkait cara penggunaan jargas khususnya ke ibu-ibu rumah tangga di sini,” ujarnya.

Terpisah, Ketua RW 05 Perum Taman Candiloka, Desa Ngampelsari, Kecamatan Candi, Sidoarjo, M Arif BS mengatakan, pihaknya sudah mendapat sosialisasi program jargas dari instansi terkait seperti, pejabat Sidoarjo, PGN dan KESDM.

Informasi yang diperoleh dari sosialisasi yang dilakukan di Kantor Kecamatan Candi, Sidoarjo, 1 April 2021 lalu, program jargas ini akan membantu dan memberi kemudahan warga.

“Infonya, jargas ini ekonomis, murah dibanding tabung elpiji 3 kg. Jika nanti proses pemasangan sudah selesai dan jargas sudah bisa digunakan, semoga banyak memberi manfaat bagi warga di sini,” pungkasnya.

Rencananya, pembangunan jargas SR di Sidoarjo dalam 2021 ini, untuk 11.418 SR, yang tersebar di Kecamatan Candi, dan Kecamatan Tanggulangin. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *