Sriatun Apresiasi RT 3 RW 05 Desa Ngampelsari, Wakil Lomba RT Sehat Kecamatan Candi

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Sriatun, juri Lomba RT Sehat Kabupaten Sidoarjo mengapresiasi RT 3, RW 05, Perumahan Taman Candiloka, Desa Ngampelsari, Kecamatan Candi, yang merupakan wakil Kecamatan Candi. Apresiasi ini disampaikan Sriatun, istri Plt Bupati Sidoarjo Subandi saat penilaian tinjau lapang di RT 3, RW 05, Desa Ngampelsari, Rabu (19/6/2024).

Dia menilai, pengelolaan sampah, kebersihan lingkungan, penghijauan serta keberadaan toga di RT 3 sudah sangat baik. “Saya sangat mengapresiasi keberadaan toga, karena tidak semua penyakit bisa sembuh hanya dengan obat namun bisa dibantu dengan toga,” tuturnya.

Sriatun juga mengapresiasi data kesehatan ibu hamil, balita hingga lansia. “Kami harap, nantinya tidak ada kasus stunting, tidak hanya di sini, namun juga di seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo. Kami akan terus memantaunya. Alhamdulillah di Kecamatan Candi ini nol stunting,” jelasnya.

Sriatun menambahkan, dalam penjurian tinjau lapang ini, dirinya didampingi juri dari PKK kabupaten serta Dinas Kesehatan.

Baca Juga:  RT 3 RW V Perumahan Taman Candiloka Desa Ngampelsari Wakili Kecamatan Candi dalam Lomba RT Sehat se Kabupaten Sidoarjo

“Nah, dalam tinjau lapang ini ada pemeriksaan jentik serta pengolahan sampah. Apakah pengelolaan sampah sudah berkembang dan bisa meningkatkan perekonomian bagi warga sekitar? Ini menjadi penilaian kami,” terangnya.

Sriatun berpesan, agar lingkungan yang sudah baik jangan berhenti sampai penjurian saja, namun harus berkelanjutan.

“Harus semakin baik, dikembagkan dan terus ditingkatkan agar kebersihan ini nanti bisa semakin terjaga. Kalau lingkungan sudah bersih dan sehat, maka masyarakatnya sehat semua,” harapnya.

Menurutnya, bila di lingkup RT sudah sehat, maka di tingkat desa akan mengikuti. “Kalau di tingkat desa sudah bersih, asri dan sehat, maka di tingkat kabupaten juga mengikuti. Harapannya seluruh Sidoarjo bisa bersih, sehat serta guyub rukun,” imbuhnya.

Baca Juga:  Ramah Lingkungan, UMM Bungkus Daging Kurban Pakai Daun Singkong dan Talas

Dalam penjurian ini, RT 3 memajang aneka kerajinan daur ulang. Penampilan yel-yel PKK RW V juga menyambut kedatangan tim juri.

Sementara itu, Ketua RT 3, RW 05, Desa Ngampelsari, Suyitno mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan penilaian mulai saat seleksi di tingkat desa. “Meskipun waktu persiapan tidak begitu lama, namun kami fokus memperbaiki apa yang kami rasa kurang,” ujarnya.

Baca Juga:  Bupati Ipuk Didukung Kemenkes Galakkan Desa Bebas Nyamuk Cegah DBD

Menurutnya, poin-poin khusus penilaian RT sehat, sudah dimilikinya, termasuk keberadaan tanaman keras, tanam hias serta keberadaan toga. “Yang kita tambahkan berupa kebersihan selokan serta gorong-gorong, komposter yang rusak kita perbaiki, serta biopori,” jelasnya.

Supaya berkelanjutan seperti harapan Sriatun, agar lingkungan yang sehat tidak berhenti usai penilaian lomba saja, Suyitno telah mengimbau warga agar mempertahankan semuanya. Ya keasrian, ya kesehatan.

“Itu yang harus kita pertahankan, termasuk berlanjutnya kader jumantik agar warga tidak terserang demam berdarah. Kalau lingkungan kita hijau, bersih, sehat, toh yang menikmati kita semuanya,” tutupnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *