Kuliner Sidoarjo
Kuliner Sidoarjo Nasi Bakar Biru Bunga Telang

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Inovasi dalam berbisnis khususnya kuliner penting dilakukan agar berbeda dengan pelaku bisnis lainnya.

Di Sidoarjo, seorang ibu rumah tangga, Rohmatul Hanifah warga Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin memiliki produk kuliner Nasi Bakar Biru Bunga Telang. Warnanya yang biru dari pewarna alami Bunga Telang menarik hati pecinta kuliner.

Menurut Rohmatul, selain membuat nasi bakar menjadi lebih gurih, Bunga Telang diyakini mempunyai manfaat untuk tubuh.

“Bunga Telang tidak mengubah rasa nasi dan juga bunga ini memiliki kasiat anti oksidan tinggi, zat anti kanker, anti inflamasi, menurunkan diabetes dan mempercepat penyembuhan luka,” tuturnya, Senin (15/5/2023).

BACA JUGA:

kuliner sda1

Ia menerangkan, ide membuat nasi bakar Bunga Telang muncul ketika dirinya bergabung dalam kelompok Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga The Ros Rolas.

“Waktu itu kelompok kami mengikuti lomba dan dituntut harus memiliki hasil olahan yang unik dan berbeda. Akhirnya muncul ide kita membuat nasi bakar bunga telang,” jelasnya.

kuliner sda2

Cara membuat nasi bakar Bunga Telang menurut Rohmatul mudah dan tak jauh berbeda dengan pembuatan nasi bakar biasa. Bunga Telang yang baru dipetik dari kebun dicuci kemudian direbus selama 15 menit.

“Cairan warna biru daun telang tersebut lalu dicampur dengan nasi sebelum mengukusnya. Nah, saat matang warna biru muncul,” terangnya.

Agar nasi bakar semakin gurih, ia menambahkan santan, daun salam, dan kaldu ayam saat memasak nasi. “Rasanya lebih gurih jika nasinya ditambahi bumbu rempah-rempah. Setelah matang, warna nasinya jadi menarik, jadi biru gitu jadi,” imbuhnya.

Sebelum dibakar, Rohmatul menambahkan lauk oseng ayam jamur kemangi di atasnya. Lalu dibungkus daun pisang dan dibakar hingga keluar aroma sedap dari daun pisang. Dia menjual nasi bakar Bunga Telang Rp 13 ribu.

Selain nasi bakar, Rohmatul juga mengolah Bunga Telang menjadi berbagai macam produk olahan seperti minuman herbal, permen jelly, teh bunga telang, dan kue kering. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *