Kereta Api Blambangan Ekspres Diluncurkan, Jurusan Banyuwangi – Semarang

BANYUWANGI, SURYAKABAR.com – Kereta api Blambangan Ekspres yang menghubungkan Banyuwangi – Semarang resmi diluncurkan di Stasiun Banyuwangi Baru, Jumat (2/12/2022). Ini merupakan relasi baru dari Banyuwangi yang melintasi sisi utara jalur kereta api.

“Selama ini, kereta api yang tujuannya sampai ke Banyuwangi, semuanya melintas di jalur selatan. Semoga, dengan jalur utara ini akan menjadi alternatif transportasi umum yang nyaman,” ungkap Vice President PT KAI Daop 9 Jember Broer Rizal saat melepas perjalanan perdana KA Blambangan Ekspres tersebut bersama Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani.

Selama ini, kereta api yang berangkat dari Banyuwangi dan menghubungkan ke luar Provinsi Jawa Timur, terdapat KA Mutiara Timur dan KA Sritanjung yang menghubungkan Banyuwangi – Yogyakarta.

Kemudian adapula KA Wijayakusuma yang menyambungkan antara Banyuwangi dan Cilacap. Semuanya via Stasiun Gubeng Surabaya dan langsung menuju ke Mojokerto dan daerah di jalur selatan.

BACA JUGA:

“Kalau Blambangan Ekspres ini, dari stasiun Gubeng ke (stasiun) Pasar Turi (Surabaya), langsung ke Stasiun Lamongan, Bojonegoro, Cepu, Ngerombo, dan berakhir di Stasiun Semarang Tawang,” papar Broer Rizal.

KA Blambangan Ekspres ini, imbuh Rizal, diberangkatkan pukul 19.20 WIB dari Stasiun Banyuwangi Baru Ketapang dan tiba di Stasiun Semarang Tawang pada 05.44 WIB. Sedangkan dari Semarang akan kembali pada pukul 18.05 WIB dan tiba di Banyuwangi pada 04.40 WIB.

“Jam operasional ini, disesuaikan permintaan pelanggan yang menginginkan perjalanan pada malam hari. Sehingga sesampainya di tempat tujuan masih bisa beristirahat untuk segera bekerja di pagi harinya,” terangnya.

Pada masa awal ini, KA Blambangan Ekspres beroperasi hanya tiap Jumat, Sabtu dan Minggu. Frekuensi keberangkatan tersebut akan terus ditingkatkan seiring pertambahan jumlah okupansi penumpang.

“Total okupansinya sekitar 400-an. Jika ini bisa terpenuhi, tidak menutup kemungkinan akan bertambah frekuensi berangkatnya,” jelas Rizal.

Sementara itu, Bupati Ipuk yang melepas langsung keberangkatan perdana KA Blambangan Ekspres tersebut, mengaku senang dengan bertambahnya relasi baru kereta api yang menuju ke Banyuwangi.

“Ini bisa menjadi alternatif transportasi ke Banyuwangi. Apalagi saat ini, kereta api kan menjadi transportasi umum yang naik daun. Layanannya nyaman, aman dan yang terpenting waktunya ontime,” ungkapnya.

Ipuk juga berharap, adanya jalur baru ini, bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Banyuwangi. Baik perdagangan maupun kunjungan wisatawan.

“Kereta api ini kan tidak hanya mengangkut orang, tapi juga barang. Sehingga harapan kami, ini bisa meningkatkan perekonomian di Banyuwangi. Mulai dari kunjungan wisatawannya sampai perdagangannya,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *