Waspada Bahaya Listrik

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – PLN UP3 Sidoarjo terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan berusaha agar keandalan pasokan aliran listrik tetap terjaga. Namun, ada beberapa kendala dalam menjaga keandalan sistem jaringan PLN yang menyebabkan terputusnya aliran listrik ke pelanggan serta dapat membahayakan keselamatan masyarakat.

Sebagai contoh, pohon atau bangunan yang terlalu dekat dengan jaringan listrik, meski jaringan sudah diproteksi tetap saja membahayakan lingkungan di sekitarnya jika kabel mengenai ranting pohon atau menyentuh pohon.

Hal serupa juga terjadi pada bangunan yang berdiri dekat dengan jaringan listrik dan untuk bangunan yang terlalu dekat dengan jaringan akan diberikan surat pemberitahuan atau imbauan, karena bisa berpotensi membahayakan keselamatan pemilik bangunan itu sendiri.

Manager PLN UP3 Sidoarjo, Chaidar Syaifullah mengatakan, selain pohon dan bangunan yang dekat jaringan listrik, faktor penyebab padamnya aliran listrik yang paling dominan saat ini adalah adanya kerangka layang-layang yang tersangkut di jaringan.

BACA JUGA:

listrik 1
Bangunan yang sangat dekat dengan jaringan listrik sangat berbahaya.

“Benang layangan yang mengandung logam dan fisik layangan yang tersangkut di kabel jaringan PLN atau yang tersentuh di jaringan PLN bisa mengakibatkan hubungan singkat di kabel-kabel jaringan listrik PLN. Akibatnya, aliran listrik padam,” kata Chaidar Syaifullah.

Ia menambahkan, gangguan listrik tidak dapat diprediksi dan pemulihannya pun kadang membutuhkan waktu. Petugas harus menelusuri sepanjang jaringan yang terganggu.

Untuk menjaga keandalan jaringan listrik, petugas PLN melakukan inspeksi jaringan guna mengetahui kondisi jaringan serta pepohonan di sekitarnya. Apabila ditemukan pepohonan yang hampir mengenai jaringan dan berpotensi menjadi gangguan, tim akan mencatat titik lokasi untuk kemudian dilakukan perabasan atau pemotongan pohon tersebut.

PLN selalu mengingatkan jarak aman antara jaringan listrik dengan pepohonan atau bangunan di bawahnya adalah kurang lebih 3 meter.

Pihaknya juga mengharapkan kerjasama masyarakat untuk menginformasikan melalui Contact Center PLN 123, Aplikasi PLN Mobile atau Kantor Unit Layanan Pelanggan (ULP) terdekat apabila menemui pohon atau benda apapun yang bersentuhan atau rawan bersentuhan dengan jaringan listrik. (rin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *