Melalui Culture Day, SPJ-2 Sidoarjo Perkenalkan Ragam Budaya Nusantara dan Mancanegara

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Sekolah Pembangunan Jaya (SPJ) 2, Sidoarjo rutin menggelar acara bertajuk budaya dan seni dari berbagai daerah.

Acara tersebut rutin dilakukan SPJ-2, Sidoarjo setiap tahun dan diberi titel Culture Day. Dalam setiap acara Culture Day tema yang dipilih berbeda-beda. Pada 2021 ini mengusung tema Indonesian’s World Leading Culture.

Acara tahunan tersebut digelar dan dikemas sedikit berbeda dari tahun lalu. Ini karena terkendala masa pandemi. Tahun ini acara dilakukan secara online.

“Yang berbeda pada acara kali ini adalah dilakukan secara online. Biasanya guru dari luar yang melaksanakan student exchange di sini seperti dari Belanda, Finlandia, dan lainnya bisa ikut berpartisipasi memeriahkan acara,” kata Sandy Rifai, Guru Kelas Lima SPJ-2, Sidoarjo, Jumat (19/2/2021).

Menurut Sandy, sapaan Sandy Rifai, meski pun dilakukan secara online, acara semacam ini tetap dilakukan. Sebab, sebagai langkah dari sekolah dalam memperkenalkan budaya nusantara maupun mancanegara.

Hal itu, sambung Sandy, sejalan dengan pondasi dari sekolah yang menghargai perbedaan atau multiculture. Pembelajaran tentang budaya perlu dipupuk sejak dini, ditengah era globalisasi ini.

“Selain untuk memupuk budaya sendiri, di zaman modern seperti saat ini perlu mengenali budaya luar untuk menambah wawasan siswa,” terang Sandy yang juga Ketua Pelaksana Cultute Day SPJ-2, Sidoarjo.

Kata Sandy, acara tersebut diikuti seluruh civitas sekolah, sekitar 250 peserta, mulai siswa kelas satu sampai kelas enam. Mereka diajak mengenali enam budaya yakni tiga budaya dari Nusantara, Jawa, Bali, dan Sumatera serta tiga budaya dari mancanegara, India, Korea, dan Tiongkok.

“Siswa kelas 1-3 diperkenalkan budaya Nusantara, untuk memberikan pondasi budayanya sendiri. Sedangkan siswa kelas 4-6, diberikan wawasan budaya luar negeri,” ujarnya.

BACA JUGA:

Siswa antusias. Terutama ketika mereka mampu menampilkan karya budaya yang diusungnya. Seperti saat memamerkan masakan khas, nyanyian, pernak-perniknya, dan pakaian budaya Nusantara maupun mancanegara.

spj 2 culture day

Salah seorang peserta, Kinaya Pramono Dewi Pabunga, siswa kelas 5A SPJ-2, Sidoarjo mengaku senang mengikuti acara Culture Day.

“Acaranya seru. Setelah banyak mengenal tentang budaya dari berbagai daerah itu jadi ingin pergi ke sana karena indah,” akunya.

“Tadi sempat ada sesi acara mengolah masakan khas suatu daerah di Nusantara yakni tentang rujak, jadi bisa membuat rujak. Ada lomba juga jadi bikin kita tambah kreatif,” pungkasnya. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *