Pelajari Kerjasama Sister City, Mahasiswa UMM Kunjungi Surabaya

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Kota Surabaya dikenal sebagai kota yang banyak melakukan kerjasama dengan luar negeri. Maka dari itu mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Surabaya, Rabu (28/11/2018).

Mahasiswa UMM tersebut sengaja datang ke Surabaya untuk mengetahui bagaimana hubungan dan kerjasama Pemerintah Kota Surabaya dengan luar negeri.

Mahasiswa UMM yang berjumlah 145 orang tersebut disambut Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya Cahyo Utomo.

Kepala rombongan UMM yang tidak lain dosen mata kuliah paradiplomasi, Diah Estu mengatakan, tujuan mereka datang ke Surabaya untuk mengetahui bagaimana hubungan dan kerjasama antara Pemerintah Kota Surabaya dengan luar negeri.

Setelah itu, staf Subbag Kerjasama Luar negeri Rahmasari menjelaskan, mengenai kerjasama apa saja yang telah dilakukan Kota Surabaya dengan luar negeri. “Ada banyak sekali jenis kerjasama Kota Surabaya dengan luar negeri di antaranya yaitu sister city. Dimana Kota Surabaya menjalin hubungan kerjasama dengan adanya penandatangan MoU,” kata Rahmasari seperti dikutip surabaya.go.id.

Selanjutnya Rahmasari memberikan contoh kerjasama yang telah dilaksanakan Kota Surabaya seperti UCLG ASPAC yang telah diselenggarakan beberapa waktu lalu dengan mengundang ratusan tamu undangan dari ratusan negara.

“Beberapa bulan lalu, Kota Surabaya menjadi tuan rumah acara UCLG ASPAC yang dihadiri tamu dari ratusan negara. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini juga berhasil menjadi Presiden UCLG ASPAC untuk periode dua tahun,” lanjut Rahmasari.

Kemudian ia melanjutkan paparannya mengenai program kegiatan yang dilaksanakan saat UCLG ASPAC berlangsung. “Dalam kegiatan UCLG ASPAC yang kemarin digelar itu kegiatanya meliputi trainning, workshop, dukungan terhadap isu global dan bidang teknis seperti kebudayaan, transportasi, pengelolaan sampah, dan lain lain,” lanjut Rahmasari.

Selesai melakukan paparan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penukaran cinderamata. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *