Piala AFF U-19 2018
Kecolongan Gol Lebih Dulu, Timnas Indonesia U-19 Cetak Empat Gol dalam Rentang Waktu 10 Menit Jelang Laga Berakhir

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Timnas Indonesia U-19 terus menjaga asa untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2018. Melakoni matchday ketiga Grup A, tim asuhan Indra Sjafri menang 4-1 (0-1) atas Filipina di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (5/7/2018) malam.

Kini Timnas Indonesia U-19 mengoleksi sembilan poin hasil sapu bersih tiga kemenangan. Thailand dan Vietnam menempel di posisi kedua dan ketiga. Kedua tim sama-sama mengumpulkan tujuh poin. Bedanya, Thailand unggul dalam produktivitas gol dibanding Vietnam.

Kemenangan Garuda Nusantara, julukan Timnas Indonesia U-19 atas Filipina dipetik lewat kerja keras. Meski lebih banyak mengurung, Filipina justru lebih dulu mencetak gol menit 27 lewat tendangan bebas kaki kiri Chester Gio Angeles Pabualan.

Berselang dua menit, pelatih Indra Sjafri memasukkan Saddil Ramdani menggantikan Samuel Christianson. Masuknya Saddil pola serangan Timnas Indonesia sedikit bervariasi tidak hanya mengandalkan umpan tarik bola-bola atas dari dua sayap. Pemain Persela Lamongan ini melakukan tusukan ke jantung pertahanan Filipina. Namun, hingga babak pertama berakhir kedudukan tetap 1-0 untuk keunggulan Filipina.

Mengawali babak kedua, Indra Sjafri kembali menajamkan lini depan dengan memasukkan pemain lincah Todd Rivaldo Alberth Ferre.

Pemain Persipura ini mengisi second line di bawah striker Muhammad Rafli Mursalim. Gocekan dan kecepatan Todd Rivaldo menjadi pembeda serangan yang dilancarkan Timnas Indonesia U-19.

Lini pertahanan Filipina kini tingal hanya fokus menghalau bola-bola atas saja, tetapi juga berusaha meredam aksi Rovaldo yang sering menerobos masuk jantung pertahanan Filipina.

Gempuran Timnas Indonesia U-19 makin gencar seiring masuknya Syahrian Abimanyu menggantikan Muhamad Luthfi menit 61.

Kebuntuan Timnas Indonesia U-19 mencetak gol akhirnya pecah menit 81. Tendangan keras kaki kiri Saddil Ramdani dari luar kotak penalti gagal dibendung kiper Jessi Reil Aya-Ay Semblante.

Lahirnya gol ini kepercayaan diri Nurhidayat Haji Haris dkk makin meningkat. Hanya butuh waktu dua menit, gegap gempita penonton yang menjejali Stadion Gelora Delta Sidoarjo kembali bergemuruh. Sundulan Firza Andika menyambut umpan Muhammad Rifat Marasabessy menjebol gawang Filipina.

Belum reda suka cita kubu Timnas Indonesia U-19 dan penonton, Saddil Ramdani mencetak gol kedua di laga ini menit 85. Tidak ingin meninggalkan lapangan tanpa mencetak gol, Todd Rivaldo akhirnya mengukir namanya di papan skor, menyusul gol indah yang dia cetak menit 90+1.

Kesabaran pemain Timnas Indonesia U-19 akhirnya membuahkan kemenangan 4-1 atas Filipina. Empat gol Timnas Indonesia lahir dalam rentang waktu 10 menit menjelang berakhirnya pertandingan.

“Pertandingan yang banyak memberikan drama dan pembelajaran untuk para pemain,” kata Indra Sjafri, Pelatih Timnas Indonesia U-19 dalam konperensi pers usai pertandingan.

Menurut Indra Sjafri, kemenangan ini berkat mentalitas pemain yang tidak kendur meski sempat tertinggal. “Terima kasih untuk pemain. Pertandingan seperti itu butuh kesabaran untuk meraih kemenangan,” tandasnya.

Pada pertandingan terdekat, Timnas Indonesia U-19 akan menantang Vietnam di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (7/7/2018) malam.

Seiring berakhirnya matchday ketiga, Laos dan Singapura yang sama-sama belum mengumpulkan poin dipastikan gagal lolos ke semifinal. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *