SHRE, Program Baru Architecture PCU Pelajari Konsep Hunian Ramah Lingkungan

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Architecture Petra Christian University (PCU) Surabaya membuka program baru, yakni Sustainable Housing and Real Estate (SHRE). Hal ini untuk menjawab adanya isu lingkungan yang memengaruhi perancangan rumah.

Kepala Program SHRE PCU, Timoticin Kwanda, mengatakan, ke depan perencanaan perumahan yang ramah kondisi lingkungan menjadi sebuah tantangan. PCU Surabaya pun menyikapinya melalui pembukaan program SHRE ini.

“Salah satu solusi dalam perencanaan perumahan di perkotaan adalah dengan perencanaan hunian yang kompak vertikal. Ini bertujuan mengurangi frekuensi lalu lintas kendaraan dan menambah jumlah ruang terbuka hijau,” ujar Timoticin melalui keterangannya di Surabaya, Kamis (24/8/2023).

Baca Juga:  PLN Nusantara Power Dukung Pertumbuhan Sektor Energi Lewat IEE Series 2023
Baca Juga:  Gelar Business Matching 2023, PCU Hadirkan 15 Startup Binaan

Timoticin menjelaskan, akan ada peningkatan harga lahan dan konstruksi seiring makin terbatasnya lahan yang tersedia. Sehingga, pada akhirnya harga rumah juga semakin mahal. Karena itulah, tren luas hunian kini mulai bergeser kepada hunian dengan luasan lebih kecil, terutama hunian horizontal, agar harganya lebih terjangkau. “Tantangan mendesain rumah kecil itu memaksimalkan pencahayaan dan penghawaan alami,” jelas Timoticin.

Saat ini, bahkan muncul tren hunian mungil. Ini sudah menjadi fenomena di sejumlah kota besar di negara maju seperti Tokyo dan Singapura. “Konsep huniannya tentu perlu diimbangi tatanan ruang dan interior yang efisien serta fleksibel,” terangnya.

Baca Juga:  Jajal Ketangguhan Sepeda Bambu, Pertamina Dukung Pesepeda Indonesia Ikuti Paris-Brest-Paris 2023

Timoticin Kwanda juga menyampaikan, saat ini program SHRE PCU Surabaya sudah mulai menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024.

Pada pembukaan program baru tersebut, di saat yang sama juga dilakukan Launching Logo Baru FTSP dan pemberian Lifetime Achievement Award.

Selain itu, acara ini juga dirancang sebagai momentum simbolis atas kerja sama yang terjalin antara Architecture PCU dengan beberapa pengembang real estate di Surabaya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *