YPM Sepanjang Taman Sidoarjo Gelar Pawai 1 Muharram, Pesertanya Ribuan

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Memperingati 1 Muharram 1445 Hijriyah, keluarga besar Yayasan Pendidikan Ma’arif (YPM) Sepanjang, Kecamatan Taman Sidoarjo mengelar YPM Carnival. Kali ini pawai melibatkan sekitar 7.000 pelajar dan guru. Pawai dimulai sekitar pukul 06.00 WIB dari Sepanjang Town House.

Ketua Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif Ahmad Makki mengatakan, pawai 1 Muharram kali ini diikuti sekitar 7.000 peserta yang terbagi dalam 316 kelompok meliputi siswa, guru, staf dan dosen dibawah YPM. “Pawai ini dilombakan dengan penilaian beberapa kriteria,” tuturnya, Rabu (19/7/2023).

Tema pawai 1 Muharram kali ini, imbuh Ahmad Makki adalah ‘Memperkuat Budaya Baik untuk Mewujudkan Peradaban Baru’.

Baca Juga:  Reyog Brawijaya Sabet Juara Umum Festival Nasional Reog Ponorogo 2023

“Pawai ini digelar untuk mengingatkan kepada semua umat muslim bahwa kita memiliki tahun Hijriyah atau tahun baru Islam yang dimulai 1 Muharram. Bulan yang dimuliakan Tuhan serta mengingatkan budaya baik seperti yang dicontohkan masyayikh ulama yang saat ini mulai tergerus oleh perkembangan jaman,” jelas Ahmad Makki.

Ia menambahkan, tekat pawai dan perayaan ini untuk mewujudkan hal-hal baik di tahun ke depan. “Maka itu awal tahun ini kita menggelar even kebaikan agar tahun ke depan diselimuti kebaikan juga,” terangnya.

Baca Juga:  MPLS SMA/SMK/SLB di Jatim Pecahkan Rekor MURI, Diikuti 3.395 Sekolah

Pawai ini, lanjut Ahmad Makki termasuk pembentukan karakter. “Untuk mempersiapkan pawai butuh kebersamaan kelompok yang didalamnya ada toleransi, tolong menolong, kerjasama, empati serta hal-hal baik lainnya.”

Peserta YPM Carnival tahun ini dari siswa Play Group (PG), Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) Ma’arif YPM, Sekolah Menengah Pertama (SMP) YPM 1 dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Wachid Hasyim 2.

Baca Juga:  Hari Pertama Masuk Sekolah Orangtua Antusias Dampingi Anak

Selain itu, juga diikuti siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YPM 1-3, mahasiswa Universitas Maarif Hasyim Latif (Umaha), guru, dosen, dan karyawan. Terdapat sembilan kategori yang dilombakan pada YPM Carnival tahun ini dengan total hadiah yang disediakan panitia kurang lebih 25 juta.

Pawai ini mengambil rute Sepanjang Town House, Kalijaten, Geluran, Raya Taman, Ketegan, Bebekan, Wonocolo, Ngelom dan finish di Kampus Universitas Maarif Hasyim Latif (Umaha). Masyarakat tampak antusias menyaksikan di sepanjang rute yang dilewati. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *