Piala AFP Jatim U21 2022
Hasil Lut FC Sidoarjo Vs Popel Lumpur Gresik, Lut FC Melaju ke Final

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Lut FC Sidoarjo melaju ke final Piala AFP Jatim U-21 2022, setelah di semifinal menang tipis, 6-5 atas Popel Lumpur Gresik di Fatkhi Futsal Center Sidoarjo, Kamis (25/8/2022).

Laga berlangsung ketat sejak awal pertandingan. Faktor keterlambatan kehadiran kiper Gavin Azarya dimanfaatkan Popel Lumpur dengan mencetak gol cepat menit pertama lewat Fanny Ariansyahada.

Begitu Gavin Azarya datang dan langsung dimainkan membuat Lut FC berani keluar untuk menyerang. M Saifulloh menyamakan kedudukan 1-1 menit 5.

Gol ini berawal dari set pice tendangan bebas. Bola ditendang Firman Dwi mengenai pemain Popel Lumpur, bola mental dikuasai Saifulloh diumpan ke Mohammad Arif Rahman Hakim. Bola dikembalikan ke Saifulloh dan langsung ditendang ke gawang Popel Lumpur. Gol 1-1.

“Bola sengaja saya tendang langsung, saya arahkan ke tengah gawang, karena posisi kiper sudah out,” ujar M Saifulloh kepada suryakabar.com usai pertandingan.

Lut FC berbalik unggul 2-1 lewat Onla Kahfi menit 9. Pertandingan semakin sengit, menyusul keberhasilan Popel Lumpur menyamakan kedudukan 2-2 menit 12 lewat Niko Arya.

Gol ini dari set piece tendangan penjuru yang diambil Vicky Irawan. Bola mengarah ke tiang dekat dibelokan Niko Arya untuk menjebol gawang Lut FC.

BACA JUGA:

Hanya butuh waktu satu menit, Lut FC kembali memimpin 3-2, setelah Fajar Rosady memaksimalkan umpan matang Saifulloh ke tiang dua.

Menjelang babak pertama berakhir, Popel Lumpur bermain dengan empat pemain, setelah Ashrul Basyri mendapat kartu kuning kedua atau kartu merah tidak langsung. Unggul jumlah pemain gagal dimanfaatkan Lut FC. Hingga babak pertama berakhir Lut FC untuk sementara unggul 3-2.

Di babak kedua, tempo permainan tetap tinggi. Serangan silih berganti dilakukan kedua tim. Lewat serangan balik cepat, Lut FC menambah gol dari Ali Fikri meneruskan umpan tarik Rizky Ramadhan yang menyerbu dari sisi kanan pertahanan Popel Lumpur menit 26.

Berselang satu menit Rizky Ramadhan membawa keunggulan Lut FC 5-2. Tertinggal tiga gol, pemain Popel Lumpur yang dimotori Vicky Irawan tidak patah semangat. Upaya menipiskan ketinggalan terwujud menit 28 dari gol Achmad Tobibi.

Tekanan bertubi-tubi dari Popel Lumpur membuat Onla Kahfi melakukan gol bunuh diri menit 31. Gol ini terjadi setelah tendangan keras Vicky mengenai badan kiper Gavin, bola mental mengenai Onla dan masuk ke gawang yang kosong. Skor semakin menipis menjadi 5-4 untuk keunggulan Lut FC.

Pertandingan tetap mendebarkan, setelah berselang satu menit Lut FC kembali menjauh dalam perolehan gol, menyusul lahirnya gol yang dicetak Mohammad Arif Rahman Hakim. Aldi Rabbani menipiskan ketinggalan menit 33 untuk mengubah skor menjadi 6-5 untuk keunggulan Lut FC.

Usai lahirnya gol ini, Lut FC lebih banyak bertahan untuk mengamankan keunggulan. Serangan Popel Lumpur yang beberapa kali mengancam gawang Lut FC gagal menambah gol. Hingga laga usai skor 6-5 untuk kemenangan Lut FC.

“Ada tiga gol ke gawang kami akibat koordinasi lini belakang yang kurang bagus. Penjagaan terhadap lawan terlalu jauh, sehingga lawan leluasa untuk melepas umpan. Termasuk penjagaan kepada Vicky terlalu longgar,” ujar Ricky Bayu, Head Coach Lut FC asal Tuban ini.

Ada perubahan durasi waktu pertandingan di semifinal. Jika di babak penyisihan menggunakan waktu 20 menit x 2 kotor, pada laga semifinal dan final durasi waktu pertandingan 20 menit x 2 bersih.

Di laga final Lut FC akan menunggu pemenang derby Pasuruan, Kirana FDS Kota Pasuruan kontra WT FC Kabupaten Pasuruan. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *