Tebing Bahu Jalan Tol Pandaan-Malang Longsor, Polantas Terapkan Rekayasa Lalu Lintas sebelum Dilakukan Perbaikan

PASURUAN, SURYAKABAR.com – Tebing yang berada di bahu jalan Tol Pandaan-Malang KM 78/A, longsor, Selasa (8/3/2022) sekitar pukul 15.30 WIB.

Berdasarkan foto yang beredar di medsos, longsoran tanah tebing di kilometer tersebut, menutupi hampir seluruh badan jalan.

Hal itu berakibat arus lalu lintas tersendat. Petugas Tol dan anggota Satuan PJR Ditlantas Polda Jatim melakukan pembersihan hingga kondisi bersih.

Kasat PJR Ditlantas Polda Jatim AKBP Dwi Sumrahadi mengatakan, sebelumnya di lokasi tebing yang longsor sempat dilakukan perbaikan pada permukaan dinding tebingnya.

Diperkirakan karena tingginya curah hujan, menjadi penyebab tanah pada dinding tebing tersebut, tergerus sehingga terjadi longsoran.

BACA JUGA:

“Adanya tebing longsor penyebabnya hujan yang sangat deras dan volume debit air yang di atas tebing tidak dapat ditampung dan dikeluarkan ke saluran pembuangan,” ujar AKBP Dwi Sumrahadi dalam keterangan tertulis, Selasa (8/3/2022) dikutip tribratanews.jatim.polri.go.id.

Petugas PJR berkoordinasi dengan petugas Tol untuk melakukan pengaturan maupun upaya pengamanan jalan, yakni dengan menutup semua lajur yang mengarah dari Surabaya ke Malang maupun dari Malang ke Surabaya. Termasuk, lajur yang melalui intrance GT Lawang dan intrance GT Purwodadi.

“Kemudian pengguna jalan yang mengarah ke Surabaya dari GT Singosari dialihkan ke exit Lawang. Sebaliknya pengguna jalan yang mengarah ke Malang dari Pandaan atau Surabaya dialihkan ke exit Purwodadi,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *