Raja Siahaan Kucurkan Bonus untuk Tim Sepak Bola Jatim Putra Usai Kalahkan Maluku Utara di BK PON 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Komite Sepak Bola Usia Dini Asprov PSSI Jawa Timur, Raja Siahaan langsung memberi apresiasi kepada tim sepak bola Jawa Timur putra yang meraih kemenangan 3-1 atas Maluku Utara di matchday kedua Babak Kualifikasi (BK) PON Aceh Sumatra Utara XXII/2024 di Lapangan Thor Surabaya, Selasa (5/3/2024).

Seiring kemenangan itu, Jatim lolos ke PON XXII/2024, setelah di matchday pertama menang 6-0 atas Sulawesi Tenggara, Minggu (3/3/2024).

Sukses sepak bola Jatim putra ini langsung diapresiasi Raja Siahaan dengan memberikan bonus untuk para pemain Jatim.

“Atas capaian ini, saya berikan sedikit bonus untuk pemain. Bukan untuk pertandingan ini saja, tapi ini untuk keseluruhan pertandingan. Karena itu, saya berharap di pertandingan terakhir kita tetap bisa menang, sehingga dapat sembilan poin, sebagaimana arahan Pj Gubernur kepada tim PON Jatim,” ujar Raja Siahaan.

Baca Juga:  Sepak Bola Jatim Putra Lolos ke PON Aceh Sumatra Utara 2024, Ini Hasil Pertandingan dan Klasemen

BK PON 2024 menyisakan satu matchday, Kamis (7/3/2024). Jatim menghadapi Maluku sementara Maluku Utara melawan Sulawesi Tenggara.

Raja juga berharap, sukses ini menjadi awalan yang bagus bagi tim PON Jatim di PON Aceh-Sumut 2024. “Kami berharap tim PON Jatim bisa meraih target medali emas di PON mendatang,” imbuh pria yang juga menjabat Ketua Umum Persatuan Binaraga Fitnes Indonesia (PBFI) Jatim ini.

Pada laga kontra Maluku Utara tiga gol Jatim dicetak Achmad Dwi Firmansyah menit 24, Wigi Pratama menit 38 dan tendangan penalti Achmad Fahrul Aditia menit 80. Sementara Maluku Utara menipiskan kekalahan dari gol Muhammad Haikal menit 41.

Baca Juga:  Bayern Muenchen Lolos ke Perempat Final Liga Champions, setelah Kalahkan Lazio, Harry Kane Cetak Dua gol

Menanggapi kemenangan ini, pelatih kepala tim PON Jatim Fakhri Husaini mengaku tidak mudah mendapatkan hasil maksimal melawan tim-tim Indonesia timur.

“Mereka punya keterampilan yang cukup untuk menjadi pemain bagus ya. Ini menjadi pelajaran berharga dari Maluku Utara. Mereka bermain rapi di belakang,” ujar Fakhri.

Soal emosi pemain yang beberapa kali terpancing, bagi Fakhri itu wajar, karena mereka masih berusia muda, 21 tahun. Sehingga wajar bila masih terlihat letupan-letupan emosi.

“Tapi saya melihat mereka masih terkontrol. Mereka masih melihat kami di tepi lapangan, sehingga tidak ada yang bereaksi berlebihan. Pantang selama saya menjadi pelatih mereka, ada pemain yang berkelahi di lapangan,” tuturnya.

Baca Juga:  Widodo C Putro Sukses Bawa Arema FC Raih Hat-trick Kemenangan, Arema FC Lepas dari Zona Degradasi

“Bagi saya, mereka bukan seorang yang pemberani kalau mukul lawan di sini (lapangan). Kemampuan mereka mengontrol dan mengendalikan emosinya, ini saya apresiasi,” tambahnya.

Terkait laga terakhir, meski tak lagi menentukan, Fakhri meminta tim asuhannya tetap memburu kemenangan, kendati apa pun hasilnya tak lagi berpengaruh pada status Jatim sebagai juara grup. (es)

HASIL DAN JADWAL PERTANDINGAN
MINGGU, 3 MARET 2024
Maluku 1-1 Maluku Utara
Jawa Timur 6-0 Sulawesi Tenggara

SELASA, 5 MARET 2024
Sulawesi Tenggara 3-1 Maluku
Jawa Timur 3-1 Maluku Utara

KAMIS, 7 MARET 2024
Maluku Utara Vs Sulawesi Utara
Jawa Timur Vs Maluku

KLASEMEN SEMENTARA

 
NO TIM MAIN MNG SERI KLH GOL POIN
1. Jatim 2 2 0 0 9-1 6
2. Sultra 2 1 0 1 3-7 3
3. Maluku 2 0 1 1 2-4 1
4. Malut 2 0 1 1 2-4 1

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *