Satuan Pendidikan Aman Bencana di SMKN Sukapura Probolinggo untuk Meminimalisir Risiko Bencana

PROBOLINGGO, SURYAKABAR.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur menggandeng Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur menggelar Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di SMKN Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Kamis-Jumat (29/2-1/3/2024).

Pada kegiatan ini SRPB Jawa Timur sebagai fasilitator. Mereka adalah Andreas Eko Muljanto, Nurul Wachida, dan Suliono.

Bencana tidak hanya disebabkan faktor alam saja. Manusia pun bisa menjadi pemicunya. Oleh karena itu, pendidikan terkait bencana tak hanya dilakukan di rumah atau lingkungan saja, tetapi juga harus dilakukan di sekolah.

Baca Juga:  Operasi Keselamatan Semeru 2024 di Sidoarjo, Polisi Prioritaskan Edukasi Generasi Milenial

“Setidaknya kita bisa meminimalisir risiko bencana, karena telah mendapatkan pengetahuan tentang kebencanaan,” ungkap Kepala SMKN Sukapura, Kabupaten Probolinggo Budi Jatmiko.

Budi Jatmiko melihat SPAB sangat penting diadakan di sekolah, karena bisa menambah pengetahuan, kesadaran, dan meningkatkan keamanan warga sekolah.

Sekretaris BPBD Jatim Andhika Nurrahmad Sudigda mengatakan, tujuan program SPAB memang menargetkan sekolah-sekolah di Jawa Timur guna memberikan pendampingan, penilaian, dan pengapasitasan warga sekolah dalam menghadapi bencana.

Baca Juga:  SMAN 1 Driyorejo Gresik dapat Pelatihan Satuan Pendidikan Aman Bencana
Baca Juga:  Hujan Deras Disertai Angin Kencang di Sidoarjo Tumbangkan Beberapa Pohon Besar, Sebabkan Kemacetan Panjang

“Ini penting karena potensi ancaman bencana di Indonesia sangat banyak, utamanya di Probolinggo.  Di Jawa Timur sendiri ada 14 ancaman bencana dan Kabupaten Probolinggo terdapat delapan ancaman bencana,” katanya.

Sebanyak 100 peserta ikut dalam SPAB ini. Mereka terdiri dari guru, siswa, dan tenaga kependidikan sekolah. Mereka dilatih para fasilitator dengan teori dan praktik. Di antaranya penyusunan dokumen kajian risiko bencana, pembentukan Tim Siaga Bencana Sekolah (TSBS), pemadaman api, games, audio visual dan perpustakaan kebencanaan, serta P3K.

SMKN Sukapura yang berada di Dusun Krajan, Desa Ngepung, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo ini juga mendapatkan bantuan sarana jalur rambu evakuasi, titik kumpul, sabun cuci tangan, dan poster edukasi kebencanaan oleh BPBD Jatim.

Hadir pada kegiatan ini Kalaksa BPBD Kabupaten Probolinggo Raden Oemar Sjarief, Kepala Bidang Pembinaan Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo Amik Mutammimah, dan undangan lainnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *