Kereta Api Pandalungan Anjlok di Utara Stasiun Tanggulangin

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Kereta Api Pandalungan dari Gambir Jakarta tujuan Jember anjlok di utara Stasiun Tanggulangin, Minggu (14/1/2023) pagi.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, kereta tersebut anjlok sekitar 100 meter dari Stasiun Tanggulangi pada pukul 07.57 WIB.

“Jalur KA untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi rangkaian KA Pandalungan tersebut,” jelasnya.

Baca Juga:  PT KAI Daop 8 Surabaya Tanam Belasan Ribu Pohon pada Peringatan Hari Menanam Sejuta Pohon Sedunia

Dari pantauan suryakabar.com, lokomotif kereta tersebut nampak miring ke Barat. Dua gerbong di belakang lokomotif juga keluar rel.

Menurutnya Arif, upaya selanjutnya dari KAI adalah melakukan evakuasi rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan.

Asri, salah satu penumpang mengatakan, kereta terguncang hebat saat keluar rel. “Saya sangat kaget, kereta tiba-tiba terguncang dan sedikit miring. Untunglah kami selamat dan tidak cedera. Saya tadi ada di gerbong nomor dua,” terangnya.

Baca Juga:  KAI Daop 8 Surabaya Catat 5,4 Juta Penumpang Naik Kereta Api selama 2023
Baca Juga:  Pemkab Sidoarjo Gandeng Baznas Sidoarjo Gelar Khitan Massal Gratis Kuota 300 Anak Peringati HUT Ke-165 Kabupaten Sidoarjo

Kondisi ini membuat Asri meneruskan perjalanan ke Jember menggunakan travel. “Ya gimana lagi, pasti evakuasi kereta butuh waktu lama, sedangkan kami ada acara siang nanti,” ucapnya.

Farah, penumpang asal Bangil Pasuruan juga mengatakan merasakan guncangan saat kereta keluar jalur. “Cukup keras, tadi saya sudah siap-siap, karena tidak lama lagi kereta sampai Bangil,” ucap Farah yang juga berada di gerbong dua.

Untuk turun dari gerbong, Farah ditolong warga setempat yang menyediakan tangga dan kursi. “Ini saya sudah pesan taksi online untuk pulang ke Bangil,” katanya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *