IMM Jatim Deklarasi Pemilu Aman dan Damai 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) Jawa Timur bersama ratusan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya mendeklarasikan Pemilu Damai 2024.

Ketua Umum DPD IMM Jatim, M. Firdaus Suudi, menyebutkan ada empat poin penting yang dibacakan dalam deklarasi tersebut. Pertama, tentang komitmen menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Kedua, menyukseskan Pemilu 2024 yang bermartabat, berintegritas, jujur adil aman damai dan demokratis. Ketiga, tunduk dan patuh pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

“Terakhir, menolak segala bentuk penyebaran hoaks, ujaran kebencian, money politik, politisasi agama dan etnis,” ujar Firdaus di kampus UM Surabaya, Jumat (24/11/2023).

Baca Juga:  Kisah Rizki Mubarok, Aktivis IMM yang Sukses Raup Ratusan Juta Berkat Bisnis Jual Hewan Kurban

Firdaus menekankan, IMM harus mampu menjadi penggerak perubahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Menurutnya, pemilu menjadi wahana bagi masyarakat untuk memberikan suara demi memilih wakil yang akan mewakili kepentingan publik di berbagai tingkat pemerintahan.

“Deklarasi ini merupakan suatu upaya untuk memastikan pemilu berjalan damai, aman dan penuh keharmonisan,” jelasnya.

Firdaus menjelaskan, hoaks menjelang pemilu menjadi hal yang harus diwaspadai setiap lapisan masyarakat, tak terkecuali mahasiswa dan generasi muda lainnya. Peredaran hoaks dinilai berdampak besar dan dapat merusak kesatuan dan persatuan bangsa.

Baca Juga:  UM Surabaya Siapkan Lima Panelis dalam Uji Publik Capres-Cawapres
Baca Juga:  Inovasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Olah Daun Jambu Jadi Sabun Tangan

Ia juga meminta agar kader-kader IMM bisa menggunakan logika setiap kali menerima informasi dan melakukan cek fakta jika mendapatkan informasi yang dicurigai kebenarannya.

Menurut Firdaus, hoaks dibuat dan disebarkan orang-orang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, sebagai kader IMM tidak boleh mudah mempercayai seluruh informasi yang didapatkan, apalagi menyangkut persatuan bangsa.

“Di tengah tahun politik seperti ini, kita perlu sering bertabayyun dan mengedepankan logika, cek faktanya, jangan mudah sebarkan hoaks. Jangan mudah percaya, apalagi yang memecah belah bangsa, politik identitas. Itu tidak baik untuk kemajuan bangsa,” tegasnya.

Firdaus juga berpesan kepada kader IMM dan seluruh organisasi lainnya agar bergerak aktif bersama-sama untuk menyukseskan Pemilu 2024 mendatang. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *