Belajar Cinta Lingkungan Sejak Dini Ratusan Murid KB TK Islam Terpadu Nurul Hikmah Kunjungi DLHK Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Sekitar 250 murid Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) Islam Terpadu Nurul Hikmah mengunjungi kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo untuk belajar, Jumat (13/10/2023). Kegiatan ini dalam kaitan pengenalan lingkungan sejak usia dini.

Setelah tiba di kantor DLHK, ratusan anak yang didampingi para guru ini mengikuti senam diiringi lagu tentang kepedulian lingkungan.

Mereka juga dikenalkan penggolongan sampah, sehingga tahu ke tempat sampah mana mereka harus memasukannya. Selanjutnya para murid mendapatkan materi dari Indah Yuliati, staf DLHK.

Baca Juga:  SMP Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa di Kebun Krecek Pasuruan, Ini Kegiatan yang Dijalani

Kepala Sekolah KB TK Islam Terpadu Nurul Hikmah Amrilia Novitasari, S.Pd.I mengatakan, kunjungan anak didiknya di kantor DLHK bermaksud untuk menanamkan kepedulian lingkungan sejak dini. “Kalau kepedulian itu ditanamkan sejak usia dini, maka hal baik ini akan terbawa hingga mereka dewasa,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Penangggung Jawab Perayaan Akhir Tema Environment, Fitria Yulia Rachmawati, S.Pd. Ia mengatakan, kegiatan ini digelar untuk mengenakan anak-anak merawat lingkungan sejak dini.

“Di sini diajarkan bagaimana buang sampah yang benar, bagaimana cara menyiram tanaman. Anak-anak juga diajarkan peduli lingkungan dengan memberi makan ikan,” terangnya.

Baca Juga:  Siswa Kelas 6 SD Mudipat Salat Gaib dan Doa Bersama untuk Umat Muslim Korban Perang Israel dan Palestina
Baca Juga:  Mahasiswa asal Palestina di UM Surabaya Salat Gaib, Cerita Trauma Perang sejak Kecil

Sementara itu Indah Yuliati yang merupakan Penyuluh Lingkungan Hidup DLHK Sidoarjo mengatakan, anak-anak diajarkan mencintai lingkungan dengan cara menjaga kebersihan lingkungan.

“Hal itu harus ditanamkan sejak usia dini, sehingga hal positif ini menjadi karakter mereka kelak. Hal tersebut harus dimulai dari diri sendiri, lingkungan tempat tinggal, sekolah dan sekitarnya,” jelasnya.

Indah juga mengajarkan bagaimana cara menyiram tanaman yang benar. “Anak-anak juga kami ajarkan menyiram tanaman, tujuannya agar mereka nanti peduli dengan lingkungan khususnya tumbuhan karena merupakan penghasil oksigen,” terangnya.

Pada materi terakhir, Indah bersama ratusan murid memberi makan ikan di sungai depan kator DLHK. “Sekali lagi kami mengajarkan agar anak-anak peduli kebersihan sungai, karena di sini terdapat beragam ikan yang berhak hidup di air yang tidak tercemar,” imbuh Indah. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *