Merawat Budaya Islam, RSI Siti Hajar Sidoarjo Gelar Lomba Al Banjari

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Tiga puluh tim Al Banjari yang terdiri dari kategori anak-anak dan dewasa mengikuti Festival Ramadhan yang digelar Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar, Rabu (19/4/2023).

Sebelumnya, tim lomba telah melakukan seleksi ratusan tim peserta secara online dan menghasilkan 30 finalis tim Al Banjari dari Sidoarjo serta Pasuruan. Mereka nantinya berlaga di babak semifinal hingga final hari ini.

Direktur RSI Siti Hajar, dr. M Zulfikar As’ad menuturkan, lomba Al Banjari yang digelar di Bulan Ramadhan ini merupakan rangkaian Harlah RSI ke-60. “Sebagai rumah sakit Islam, kita berkewajiban menjaga dan mengangkat budaya-budaya Islami utamanya adalah Sholawat Nabi,” tuturnya.

banjari1

Ia yakin, dengan berlatih dan mengikuti lomba seperti ini bisa menumbuhkan kecintaan peserta kepada tanah air serta Rasulullah Alaihi Wassalam.

“Peserta wajib membawakan lagu Syubbanul Wathon atau Yalal Wathon agar tumbuh kecintaan kepada tanah air,” terangnya.

banjari2

Sementara itu Ketua Pengurus Cabang Muslimat NU Sidoarjo Ainun Jariyah mengaku sangat senang dengan lomba Al Banjari ini karena bisa menanamkan kecintaan pada budaya Islam dengan mengumandangkan Sholawat seperti ini. “Yang terpenting ya itu, membudayakan dan mencintai budaya Islam,” imbuhnya.

Ainun yang juga Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo ini berharap, lomba semacam ini tidak hanya digelar setahun sekali.

“Kalau bisa di tempat lain juga digelar acara seperti ini agar budaya Islam tetap terjaga karena kita ketahui gempuran teknologi informasi dengan kehadiran media sosial begitu hebat,” tutupnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *