Kualifikasi Piala AFC U-20
Ini Rapor Negara ASEAN di Kualifikasi Piala AFC U-20, Indonesia Paling Moncer, Lihat Posisi Thailand dan Vietnam serta Malaysia, Ini Klasemen Lengkapnya

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Babak kualifikasi Piala AFC U-20 2023 tinggal menyisakan Grup H yang dihuni Australia, Irak, India dan tuan rumah Kuwait. Pertandingan Grup H akan digelar, 14-18 Oktober 2022.

Selain Grup H, sembilan grup lainnya sudah berakhir. Tim-tim dari negara ASEAN semuanya sudah merampungkan pertandingan. Lantas seperti apa hasilnya?

Berikut urutan prestasi negara ASEAN di kualifikasi Piala AFC U-20 2023:

1. Indonesia
Indonesia menjadi satu-satunya tim dari ASEAN yang merebut juara grup sekaligus lolos ke putaran final Piala AFC U-20 2023. Prestasi Indonesia paling moncer.

Tiga kali bertanding di Grup F, Indonesia menyapu bersih kemenangan dengan mengalahkan Timor Leste 4-0, Hongkong 5-1 dan Vietnam 3-2.

Sukses itu menempatkan Indonesia sebagai tim terbaik dari ASEAN sepanjang babak kualifikasi Piala AFC U-20 2023.

2. Vietnam
Berada satu grup dengan Indonesia, Vietnam harus puas finis sebagai runner up grup mengumpulkan enam poin. Vietnam berhasil mendampingi Indonesia lolos ke putaran final Piala AFC U-20, karena menempati status sebagai salah satu dari lima tim runner up terbaik.

Bahkan, untuk sementara Vietnam menempati posisi runner up terbaik pertama dengan mengoleksi enam poin dan produktivitas gol 11-4 (+7).

Tiga kali bertandingan di babak kualifikasi Vietnam menang dua kali yakni mengalahkan Hongkong 5-1 dan menekuk Timor Leste 4-0 serta menelan satu kekalahan 2-3 dari Indonesia.

3. Thailand
Thailand berada di posisi ketiga, setelah mengumpulkan enam poin hasil dua kali menang dan satu kali kalah. Pada kualifikasi Piala AFC U-20, Thailand berada di Grup G bersaing dengan tuan rumah Oman, Filipina dan Afganistan.

Dua kemenangan Thailand dipetik atas Afganistan 3-0 dan Filipina 3-2. Satu laga lainnya Thailand menelan kekalahan 0-1 dari Oman. Buntut kekalahan dari Oman ini, Thailand gagal merebut juara Grup G dan finis sebagai runner up grup.

Kini nasib Thailand lolos ke putaran final Piala AFC U-20 menunggu hasil pertandingan di Grup H. Ini karena Thailand harus bersaing dengan runner up Grup H untuk berebut tiket terakhir sebagai runner up terbaik kelima. Empat tiket runner up terbaik lainnya sudah direbut Vietnam, Kyrgyzstan, China dan Syria.

BACA JUGA:

4. Malaysia
Bergabung di Grup E bersama Korea Selatan, tuan rumah Mongolia dan Sri Lanka, Malaysia menempati peringkat ketiga klasemen akhir. Imbasnya, Malaysia tidak lolos ke putaran final Piala AFC U-20.

Tiga kali bertanding, Malaysia mengumpulkan empat poin dari satu kali menang, satu kali imbang dan satu kali kalah. Di laga pertama Malaysia imbang 1-1 melawan Mongolia, setelah itu menang 3-0 atas Sri Lanka dan di pertandingan pamungkas dihajar Korsel 6-2.

Secara keseluruhan di jajaran tim-tim ASEAN di kualifikasi Piala AFC U-20, Malaysia menempati peringkat keempat.

5. Filipina
Filipina pada kualifikasi Piala AFC U-20 ini berada satu grup dengan Thailand, Afganistan dan tuan rumah Oman. Filipina hanya meraih satu kemenangan 1-0 atas Afganistan. Hasil ini menempatkan Filipina di posisi ketiga klasemen akhir Grup G, sehingga gagal menembus putaran final Piala AFC U-20.

6. Myanmar
Sama seperti Filipina, Myanmar juga hanya mampu meraih satu kemenangan di babak kualifikasi. Berada di Grup A bersama China, Maladewa dan tuan rumah Arab Saudi, satu-satunya kemenangan Myanmar, setelah membekuk Maladewa 3-0.

Pada dua laga lainnya, Myanmar kalah 1-3 dari China dan kalah 0-5 dari Arab Saudi. Myanmar menempati peringkat ketiga klasemen akhir, sehingga tidak lolos ke putaran final Piala AFC U-20.

7. Timor Leste
Empat tim yang menghuni Grup F tiga di antaranya dari ASEAN yakni tuan rumah Indonesia, Vietnam dan Timor Leste. Satu tim lainnya Hongkong.

Timor Leste hanya meraih satu kemenangan saat menekuk Hongkong 2-1 di laga terakhir. Sebelumnya pada dua laga awal, Timor Leste dibekuk Indonesia 0-4 dan dikalahkan Vietnam 1-5. Timor Leste gagal melangkah ke putaran final Piala AFC U-20.

8. Singapura
Singapura di babak kualifikasi Piala AFC U-20 hanya meraih dua poin hasil imbang 0-0 melawan tuan rumah Grup I Tajikistan dan 1-1 melawan Kamboja. Di laga terakhir, Singapura kalah 1-6 dari Lebanon.

9. Kamboja
Kamboja berada satu grup dengan Singapura, Tajikistan dan Lebanon di Grup I. Hasilnya, Kamboja membawa pulang satu poin hasil imbang 1-1 melawan Singapura, sedang dua pertandingan lainnya dilalui Kamboja dengan kekalahan. Dibekuk Lebanon 0-1 dan dikalahkan Tajikistan 1-2.

10. Laos
Dari 11 negara ASEAN, Laos satu-satunya negara yang di babak kualifikasi Piala AFC U-20 bersaing dengan empat tim. Negara-negara ASEAN lainnya di babak kualifikasi hanya bersaing dengan tiga tim.

Laos di kualifikasi ini bertindak sebagai tuan rumah Grup C. Tim-tim yang bergabung di Grup C yakni Jepang, Yaman, Palestina dan Guam.

Dalam penghitungan poin di jajaran negara ASEAN ini, hasil pertandingan Laos melawan tim peringkat terbawah di Grup C yakni Guam tidak dihitung. Sehingga jumlah pertandingan Laos menjadi sama dengan negara-negara ASEAN lainnya yakni tiga kali bertanding. Hasilnya, tiga kali bertandingan Laos terus menuai kekalahan.

Kekalahan pertama dialami Laos saat dibekuk Jepang 0-4, kemudian kalah 1-2 dari Yaman dan terakhir kalah 0-1 dari Palestina.

11. Brunei
Sama seperti Laos, Brunei juga terus menelan kekalahan di babak kualifikasi Piala AFC U-20. Bahkan dari tiga kali bertanding, Brunei gagal mencetak gol dan kebobolan 19 gol.

Brunei berada di Grup J bersama tuan rumah Krygyzstan, Iran dan Uni Emirat Arab. Melawan Uni Emirat Arab, Brunei kalah 0-5, kemudian kalah 0-8 dari Iran dan 0-6 dari Krygyzstan. (es)

KLASEMEN NEGARA ASEAN DI KUALIFIKASI PIALA AFC U-20

NOTIMMAINMNGSERIKLH GOLPOIN
1.Indonesia 330012-39
2.Vietnam 320111-46
3.Thailand 32016-36
4.Malaysia 31116-74
5.Filipina 31023-63
6.Myanmar 31024-83
7.Timor Leste 31022-93
8.Singapura 30212-72
9.Kamboja 30122-41
10.Laos 30031-70
11.Brunei30030-190

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *