Kuliner Sidoarjo
Nikmatnya Rahang Tuna Bakar di Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Menu ikan tuna tentu hal biasa bagi penikmat kuliner. Namun di Sidoarjo, ada restoran yang menyajikan rahang ikan tuna bakar sebagai menu favorit.

Restoran itu adalah Rahang Ikan Tuna Om Anwar di Jalan Raya Ponti Sidoarjo. Ikan tersebut hanya diambil bagian rahangnya saja, kemudian dibakar sambil diolesi bumbu rempah-rempah dan disiram dengan sambal. Ada tiga ukuran rahang ikan tuna; kecil, sedang dan jumbo. Sambalnya pun ada tiga varian; terasi, rica-rica, dan dabu-dabu.

Paksi Satria selaku supervisor mengatakan, rahang ikan tuna om Anwar merupakan salah satu produk dari Se’i Sapi Kana yang baru dibuka di Sidoarjo sejak 1 Juli 2022. Paska opening, kedai tersebut tidak pernah sepi pembeli terutama saat jam makan siang dan malam hari atau akhir pekan.

“Karena belum banyak kuliner olahan rahang ikan tuna, mungkin bisa menjadi salah satu barometer olahan rahang ikan tuna di Sidoarjo dan sekitarnya,” ucap Satria, Senin (11/7/2022).

Alasan memilih bagian rahang ikan, Satria menjelaskan, karena bagian rahang ikan mengandung omega 3 yang bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung, kanker, dan menjaga kesehatan tulang. “Karena bagian tubuh tuna lainnya sudah banyak diolah menjadi makanan, dan rahangnya sendiri rasanya beda dengan lainnya, lebih gurih,” jelasnya.

BACA JUGA:

Kedai Rahang Tuna Bakar Om Anwar merupakan yang pertama di Jawa Timur. Sebelumnya sudah ada 3 kedai rahang tuna bakar di Yogyakarta, Bogor, dan Semarang. “Sidoarjo ini merupakan
kedai kita yang keempat,” tambahhnya.

ikan bakar1

Satria melanjutkan, bahan baku rahang ikan tuna didatangkan langsung dari Papua. Untuk menjaga kesegaran ikan, saat pengiriman menggunakn cool box. “Selama seminggu setelah opening kita sudah melakukan 3 kali pengiriman rahang tuna dan meka dari Papua, sekali pengiriman mencapai 250 kilogram,” paparnya.

Satu porsi rahang tuna bakar dibanderol mulai harga Rp 41 ribu yang paling kecil hingga Rp 81 ribu untuk ukuran jumbo.

Nike, salah satu pembeli mengatakan, dirinya sering menyantap ikan tuna, namun untuk rahang ikan tuna baru pertama kali ini di Sidoarjo.

“Makanan seperti ini baru pertama ini di Sidoarjo, kalau makan ikan tuna sering. Enak sekali rahang bakarnya, dagingnya segar, empuk dan harganya sesuai rasanya. Puas deh pokoknya,” kata karyawati salah satu perusahaan ekspedisi ini.

Hal serupa dikatakan Aini Arivin, meskipun baru pertama kali mencoba rahang tuna bakar ia merasa ketagihan dengan rasanya yang khas. Apalagi pilihan sambal di sini bervariasi.

“Rasanya enak, pedas, cocok dimakan ramai-ramai. Nggak ada rasa amis ikan dan bumbunya meresap. Sambalnya mantap. Tadi saya ke sini bersama empat orang teman. Kita santap rame-rame masih kekenyangan. Dagingnya sangat banyak,” ucap warga Gedangan ini. (aha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *