Bea Cukai Juanda Gagalkan Penyelundupan Ratusan Unit Handphone Illegal

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Petugas gabungan dari Bea dan Cukai serta Satgas PAM Lanudal Juanda telah menggagalkan upaya penyelundupan ratusan unit handphone illegal dari Batam melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Juanda di Sidoarjo, Budi Harjanto mengatakan, ratusan handphone tersebut dibawa tiga orang dari Batam menggunakan pesawat Lion JT972.

“Karena tidak dilengkapi surat-surat resmi, ratusan unit handphone tersebut disita,” katanya kepada wartawan termasuk suryakabar.com, Rabu (3/3/2021).

Menurut Budi, sapaan Budi Harjanto, pengungkapan tersebut bermula dari kecurigaan petugas terhadap tiga orang yang baru tiba di Bandara Juanda di Sidoarjo. “Masing-masing orang membawa koper dan tas,” terangnya.

Saat masuk mesin X-Ray, lanjut Budi, dan menampakkan barang bawaannya, petugas kemudian melakukan pemeriksaan secara manual untuk mengetahui jenis dan surat-surat dari isi koper, dan ditemukan isi dalam koper dan tas berupa handphone.

Rinciannya, koper yang dibawa penumpang berinisial HZ terdapat 114 unit iPhone X bekas tanpa dilengkapi kotak dan chargernya.

Sedangkan koper yang dibawa penumpang berinisial RA, jumlahnya 104 unit. Sementara koper dan tas yang dibawa penumpang berinisial MM terdapat 15 unit iPhone 7, 9 unit iPhone 8, 15 unit iPhone X, 11 unit iPhone Xr. “Ini semuanya kondisi bekas dan tidak dilengkapi kotak dan charger,” terangnya.

Budi menambahkan, dalam pemeriksaan itu ditemukan 268 unit handphone illegal, total nilai taksirannya sekitar Rp 1,5 miliar. Atas barang illegal tersebut, potensi kerugian negara mencapai Rp469.422.000 juta.

“Penggagalan ini berkat kerja sama dan sinergitas yang baik dari komunitas Bandara Juanda,” pungkasnya. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *