KBS Tetap Buka Selama Libur Nataru 2020-2021, Pengunjung Dibatasi

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Kebun Binatang Surabaya (KBS) tetap buka pada liburan Natal dan tahun baru (Nataru 2020-2021) di masa pandemi ini. Hanya saja, jumlah pengunjung dibatasi, maksimal rata-rata 50.000 orang per hari. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan yang bisa berdampak penularan Covid-19.

Pengelola KBS juga telah mempersiapkan berbagai upaya guna mengantisipasi adanya lonjakan pengunjung jelang puncak Tahun Baru 2021. Salah satunya, dengan membuka tiga loket masuk untuk mencegah kerumunan pengunjung.

Humas KBS, Agus Supangkat, mengatakan, tiga loket tersebut berada di pintu utama KBS, pintu parkir, dan pintu selatan KBS yang dekat dengan Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ).

“Kita buka tiga loket untuk menghindari kerumunan, karena saat ini masih pandemi. Jadi masyarakat biar nggak antre,” ujar Agus Supangkat seperti dikutip JNR Kominfo Jatim, Rabu (30/12/2020).

Menurut Agus, puncak libur Nataru berlangsung pada 1 Januari 2021. Bahkan pihaknya juga akan melakukan sistem buka tutup, jika kuota pengunjung telah mencapai angka 5.000 orang.

“Kalau ada lonjakan kita ada sistem buka tutup. Artinya, kapasitas kami 5.000 per hari, kalau nanti sudah mencapai kuota pengunjung pintu akan ditutup sementara dan pintu masuk dibuka kembali saat pengunjung sudah berkurang,” ungkapnya.

Dikatakannya, terkait dengan protokol kesehatan yang diterapkan, jika protokolnya masih sama. Dimana pengunjung harus dalam kondisi sehat dan fit. Bagi ibu hamil, balita, dan lansia di atas 60 tahun tidak diperbolehkan berkunjung ke KBS. Pengunjung wajib menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, serta melakukan cek suhu tubuh oleh petugas sebelum masuk ke KBS.

“Bagi pengunjung yang kedapatan suhu tubuhnya di atas 37.5 derajat tidak diperkenankan masuk dan diarahkan ke ruang isolasi tenaga medis, jika suhu badannya turun baru diperbolehkan masuk. Pengunjung juga harus mengikuti rute atau penunjuk arah yang telah ditetapkan. Terus kami tidak mengijinkan pengunjung menggelar tikar di area KBS,” ungkapnya

Agus juga mengimbau para pengunjung untuk memesan tiket secara online melalui website www.surabayazoo.co.id. Tiket masuk ke KBS ini rata-rata Rp 15.000 per orang. “Kalau bisa pembelian tiket dilakukan secara online, harapannya menghindari kerumunan. Terus tetap ikuti protokol kesehatan yang ada di KBS,” harapnya.

Untuk libur Nataru 2021 pengelola KBS tidak menggelar pertunjukan apapun seperti tahun-tahun sebelumnya.

KBS hanya menyiapkan wahana-wahana yang sudah ada seperti children zoo. Atraksi lainnya adalah memberi makan binatang atau atraksi feending time secara langsung kepada hewan harimau, beruang dan komodo. Program ini mengajak anak-anak untuk selalu menyayangi hewan.

Selama libur Nataru KBS buka setiap hari mulai pukul 08:30 WIB hingga pukul 15:30 WIB. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *