Gubernur Resmikan Wisata Edukasi Berkuda dan Panahan di Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Arena Wisata Edukasi Berkuda dan Panahan di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (24/10/2020).

Di tempat tersebut juga sedang dan akan dikembangkan wisata mini zoo, perahu sungai, resto field view, dan wisata menanam padi. Tidak hanya itu, di tempat ini wisatawan juga dapat menyaksikan atraksi berkuda serta wisata yang diintegrasikan dengan budaya, alam, serta produk dan kreativitas masyarakat sekitar.

Gubernur Khofifah mengatakan, banyak potensi dan keunggulan desa yang bisa dikembangkan. Untuk itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk Asosiasi Pengusaha Desa Indonesia (APEDI) untuk menemu kenali berbagai potensi dan keunggulan tersebut.

“Area wisata yang ada di Desa Kalidawir ini merupakan buah pikiran out of the box serta inisiasi baik dari masyarakat maupun APEDI. Bahwa dari desa akan terlahir inovasi dan kreatifitas untuk membangun negeri. Mari kita temu kenali potensi-potensi yang luar biasa, keunggulan-keunggulan kompetitif, komparatif dan inovatif yang pada akhirnya mampu membangkitkan perekonomian masyarakat desa,” kata Khofifah saat meresmikan wisata ini, Sabtu (24/10/2020).

Pada agenda peresmian itu dimeriahkan pameran aneka produk unggulan Sidoarjo. Seperti, produk olahan makanan, kerajinan batik, dan kerajinan tas/koper Tanggulangin, Sidoarjo.

BACA JUGA:

Dalam arena berkuda milik Yussar Stabling dan Ridding Club itu, selain sebagai wisata edukasi sekolah berkuda, dimanfaatkan sebagai tempat berlatih panahan.

Pj. Bupati Sidoarjo, Hudiono mengatakan, area wisata baru tersebut diharapkan mampu menjadi sarana pemulihan perekonomian, setelah dampak dari pandemi Covid-19.

“Kami bersama jajaran DPRD Sidoarjo dan Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) mengapresiasi hal ini. Bagus sebagai contoh desa lain, guna membangkitkan potensi yang ada di Sidoarjo,” ujarnya.

Lebih jauh Hudiono menyebut, peresmian ini sebagai tindak lanjut dari keinginan masyarakat desa untuk mengembangkan potensi desanya.

“Kami akan terus mengembangkan akses jalan menuju dan antar-desa. Serta ke depan kami akan terus mengembangkan 17 potensi wisata yang ada di Sidoarjo seperti Kampung Bebek di Desa Kebonsari, Kampung Kupang, Kampung Bumbu olahan di Desa Putat, Kampung Ikan Asap, Kampung Kolam Pancing, Kampung Industri Krupuk dan lain lain,” paparnya.

Sekretaris Desa (Sekdes) Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Efendi Satukan mengatakan, arena wisata menempati area sekitar dua hektar dari sekitar 125 hektar luas wilayah desa.

“Alhamdulillah, berkat sinergitas antara asosiasi pengusaha desa, pemuda desa, dan pemerintah desa. Kami berharap nanti akan ada pengembangan, sebagai wisata agro, karena lokasinya strategis berdekatan dengan tanah kas desa (TKD),” katanya kepada suryakabar.com, Sabtu (24/10/2020). (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *