Pilkada Surabaya
Terapkan Protokol Kesehatan, KPU Surabaya hanya Undang 50 Orang pada Undian Nomor Urut Paslon

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Menjelang tahapan pengundian nomor urut pasangan calon wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada Surabaya, Kamis (24/9/2020), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya melakukan sejumlah persiapan. Di antaranya menentukan lokasi atau tempat pengundian.

Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan, Soeprayitno mengatakan, undian nomor urut paslon akan dilaksanakan di Hotel Singgasana, Kamis (24/9/2020) pukul 12.00 WIB.

“Kami sudah melakukan survei lokasi ruangan yang akan digunakan untuk pengundian nomor urut,” ujar Soeprayitno, Senin (21/9/2020).

Lebih jauh, Nano, panggilan Soeprayitno menjelaskan, ruangan tersebut berkapasitas sekitar 200 orang. Namun karena saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, KPU Surabaya berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Surabaya.

Selain itu, pihaknya juga akan membatasi jumlah orang yang hadir. “Dari kapasitas 200 orang itu, kami hanya akan mengundang paslon, parpol pengusung, tim kampanye, serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Maksimal hanya akan diisi 50 orang, tidak lebih,” ungkapnya.

BACA JUGA:

Soal teknis pengundian nomor urut, Nano menuturkan, akan dimulai dengan rapat pleno. Dia mengatakan, paslon yang datang terlebih dulu nantinya memiliki kesempatan untuk mengambil nomor undian yang pertama.

Tetapi dia menyatakan pengambilan nomor itu bukan otomatis menentukan nomor urut. “Jadi paslon yang datang lebih awal akan mengambil nomor undian lebih dulu. Berikutnya, siapa yang dapat nomor paling kecil, paslon itulah yang akan pertama kali mengambil undian nomor urut paslon,” jelas Nano.

Proses selanjutnya, setelah masing-masing paslon sama-sama sudah mengambil undian nomor urut, nomor itu akan dibuka bersama-sama. “Nomor itulah yang kemudian bakal ditetapkan sebagai nomor paslon,” imbuh mantan jurnalis ini.

Seperti diketahui, pada Pilkada Surabaya ada dua paslon yang mendaftar ke KPU. Yakni, Eri Cahyadi-Armuji dan Machfud Arifin-Mujiaman. (be)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *