Gubernur Khofifah Sambut Kedatangan 63 Mahasiswa di Juanda usai Menjalani Karantina di Natuna

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – 63 Mahasiswa tiba di Bandar Udara Internasional, Juanda di Sidoarjo, Sabtu (15/2/2020) malam. Mereka baru saja menjalani masa observasi di Natuna, Kepulauan Riau, sepulang dari program studi di Wuhan, China.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyambut kepulangan para mahasiswa itu. Pada kesempatan itu Gubernur Khofifah didampingi dari instansi terkait, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), BPBD, pihak rumah sakit termasuk Universitas Negeri Surabaya (Unesa), orang tua dan keluarga mahasiswa.

Mahasiswa tersebut tiba di Bandara Juanda pukul 22.10 WIB. Penyambutan dilakukan di ruang VVIP terminal 1 kedatangan Bandara Juanda. Suasana haru pecah begitu para mahasiswa tersebut bertemu orang tua dan keluarganya. Hampir semuanya larut dalam tangis haru dan bahagia.

BACA JUGA:

Ini bisa dimaklumi, pasalnya para keluarga sudah lama menunggu kedatangan putra putri mereka yang sempat terisolasi di Wuhan akibat merebaknya virus corona.

Pemerintah membantu memulangkan para mahasiswa ke tanah air, namun para mahasiswa tersebut masih harus menjalani masa karantina selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau.

Terkait penyambutan ini, Gubernur Khofifah mengaku dirinya ikut terharu melihat kebahagiaan para orang tua yang akhirnya bisa bertemu dengan anak-anaknya.

Gubernur Khofifah mengatakan, proses masa observasi para mahasiswa sudah selesai. Mereka telah dijamin keterangan sehat oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Sudah kan, tidak perlu lagi ada traumatik dari masyarakat, maupun lingkungan kampus. Alhamdulillah mereka dipastikan sehat kan,” katanya dihadapan awak media, termasuk suryakabar.com, Sabtu (15/2/2020) malam.

Rektor Unesa, Nurhasan mengatakan, sudah disiapkan proses pembelajaran bagi mereka. Bahkan terkait beasiswa ketika tidak ditanggung Wuhan, sudah disiapkan gantinya.

“Kami, kampus sudah siap dengan segala sesuatunya,” ujarnya. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *