Pantau Virus Corona, KKP Kelas I Surabaya Terjunkan Alat Deteksi Suhu Tubuh

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Tersebarnya informasi terkait virus corona di Tiongkok baru-baru ini, menjadi perhatian khusus Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Surabaya untuk Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo, Rabu (22/1/2020).

Adanya kasus tersebut, KKP Kelas I Surabaya bergerak cepat dan melakukan pengetatan. Upaya itu, untuk peningkatan pengawasan terhadap penumpang maupun crew pesawat yang datang langsung dari Tiongkok ke Bandara Juanda.

Pengawasan itu untuk mengantisipasi agar virus tidak sampai masuk ke Indonesia melalui bandara, sehingga perlu dipasang alat pengukur suhu, Body Thermal Scanner.

“Dalam seminggu ini, Bandara Juanda akan kedatangan dua pesawat dari China. Alat pendeteksi suhu sudah terpasang di Terminal 2 kedatangan,” kata Kepala KKP Kelas I Surabaya, M. Budi Hidayat, dihadapan awak media termasuk suryakabar.com, Rabu (22/1/2020) di Sidoarjo.

BACA JUGA :

Alat tersebut bekerja menganalisa setiap suhu tubuh manusia. Dugaan terhadap penumpang maupun crew pesawat dari Tiongkok teridentivikasi virus. Suhu tubuh mencapai lebih dari 27 derajat celcius.

Budi melanjutkan, ketika virus tersebut telah menjangkit ke penumpang maupun crew pesawat, pihaknya siap dengan petugas untuk melakukan evakuasi.

kkp 1
Kepala KKP Kelas I Surabaya, M. Budi Hidayat memantau alat Body Thermal Scanner, di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda, di Sidoarjo.

“Alat itu akan bekerja, dan memberikan sinyal informasi ke petugas. Sebelum dirujuk ke rumah sakit, terlebih dulu diperiksa di tempat oleh petugas yang berjaga,” terangnya.

Ia menambahkan, setiap alat yang terpasang di bandara dijaga lima orang petugas dalam satu tim. Di antaranya, perawat, dokter ahli dan staf.

“Mulai dari alat, jalur evakuasi, sampai ruang isolasi sudah siap. Mobil ambulan juga standby, ketika dibutuhkan saat penanganan lebih lanjut ke rumah sakit,” pungkasnya. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *