Porprov Jatim VI/2019
Kuota Tim Peserta Futsal Porprov Jatim VI/2019 Ditambah

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Kuota tim peserta cabang olahraga futsal di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI/2019 bakal mengalami penambahan dibanding sebelumnya.

Futsal mulai dipertandingkan di Porprov IV/2013 di Madiun. Pada dua edisi awal, kuota tim peserta 12 tim. Kuota tim peserta akan bertambah menjadi 16 tim pada Porprov Jatim VI/2019.

“Seiring perkembangan futsal di Jawa Timur yang semakin meluas, kami akan menambah kuota tim peserta menjadi 16 tim,” kata Marthin Setiabudi, Sekretaris Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Jatim kepada suryakabar.com, Sabtu (10/11/2018).

Lebih jauh Marthin menyebut, pelaksanaan pertandingan cabor futsal di Porprov Jatim VI/2019 yang digelar di Tuban akan dimulai lebih dulu sebelum Porprov Jatim VI/2019 dibuka.

“Kick off futsal 2 Juli 2019, sedang pembukaan Porprov Jatim VI, 6 Juli 2019. Pada babak penyisihan, 16 tim akan kami bagi empat grup, maisng-masing grup diisi empat tim,” urainya.

Menurut Marthin, jika peserta melebihi 16 tim akan digelar lebih dulu babak kualifikasi yang diagendakan sekitar Februari-Maret 2019. “Jika pesertanya lebih dari 16 tim akan kami gelar kualifikasi lebih dulu,” tuturnya.

Pada Porprov Jatim V/2015 di Banyuwangi juga digelar babak kualifikasi. Tim-tim yang lolos melalui kualifikasi yakni Bojonegoro (juara grup A), Jombang (runner up grup A), Kabupaten Blitar (juara grup B), Kabupaten Kediri (runner up grup B).

Tim lainnya yang lolos Kota Batu (juara grup C), Kota Malang (runner up grup C), Kota Surabaya (juara grup D), Kabupaten Gresik (runner up grup D), Kabupaten Bangkalan (juara grup E) dan Kabupaten Sampang (runner grup E).

Selain 10 tim dari babak kualifikasi, tim lain yang tampil di Porprov Jatim V/2015 tuan rumah Banyuwangi dan juara bertahan Sidoarjo. Juara Porprov V/2015 kembali direbut Sidoarjo. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *