Satlantas Polresta Sidoarjo Komitmen Ciptakan Program Kerja yang Bersih

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Satlantas Polresta Sidoarjo berkomitmen menciptakan program kerja yang bersih tanpa korupsi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Komitmen itu dituangkan dengan memberantas pungutan liar (pungli), korupsi dan aksi suap dalam pengurusan surat kendaraan bermotor maupun pengurusan Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Komitmen itu salah satunya ditunjukkan dengan memasang sejumlah spanduk bertuliskan “Zona Bebas Korupsi, No Suap dan No Pungli. Pemberi Suap dan Penerima Suap Dapat Diberi Sanksi Pidana” yang dipampang di sejumlah titik di Kantor Satlantas, Kantor Samsat, Samsat drive thru, mobil pelayanan SIM keliling dan sejumlah titik jalan protokol di wilayah hukum Polresta Sidoarjo.

“Penetapan zona bebas korupsi ini, sebagai upaya menciptakan program kerja yang bersih dan tanpa korupsi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Oleh karenanya, petugas Satlantas harus menghindari aksi pungli,” kata Kompol Dhyno Indra Setyadi, Kasat Lantas Polresta Sidoarjo kepada wartawan, Senin (30/7/2018).

Mantan Kasatlantas Polres Kediri ini menambahkan jika masyarakat menemukan aksi pungli yang dilakukan oknum Satlantas, dirinya meminta agar masyarakat tak segan-segan melaporkannya.

“Jika menemukan aksi pungli, silakan laporkan ke kami melalui call center Satlantas Polresta Sidoarjo. Jika ada oknum anggota Lantas yang melakukan pungli, maka akan kami tindak tegas,” tambah Dhyno.

Lebih jauh Dhyno memaparkan jika langkah ini merupakan program prioritas Kapolri yaitu, profesional, modern dan terpercaya di bidang penguatan pengawasan.

“Tak hanya bagi petugas saja, seruan tegas anti korupsi dan pungli ini juga diperuntukkan kepada masyarakat agar tidak berusaha menyuap petugas untuk memuluskan pengurusan administrasi kelengkapan kendaraannya maupun SIM,” terang Dhyno.

Kompol Dhyno menegaskan jika pesan moral dalam spanduk komitmen bebas pungli tersebut merupakan instruksi Kapolresta Sidoarjo, Kombespol Himawan Bayu Aji.

“Pak Kapolresta dengan tegas memerintahkan seluruh jajarannya (Polresta Sidoarjo dan jajarannya) agar tidak terjebak dengan kasus pungli. Bekerja profesional, ikhlas untuk mengayomi dan memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat Sidoarjo,” urainya.

Tak hanya itu, diharapkan masyarakat yang berurusan dengan Satlantas Sidoarjo tidak menggunakan jasa calo. “Masyarakat dalam kepengurusan surat kendaraan dan urusan SIM, diurus saja sendiri, karena sangat mudah dan trasparan,” tandasnya. (pn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *