Jelang Piala Dunia 2018
Belgia Cemerlang sebelum Bertolak ke Rusia, Hajar Kosta Rika 4-1

BRUSSEL, SURYAKABAR.com – Penampilan cemerlang ditunjukkan Timnas Belgia jelang tampil di Piala Dunia 2018 Rusia. Ini setelah pada uji coba terakhir, Belgia menang 4-1 (2-1) atas sesama tim peserta Piala Dunia 2018, Kosta Rika di Stade Roi Baudouin, Brussel, Selasa (12/6/2018) dinihari WIB.

Sukses ini melengkapi keberhasilan Belgia yang dalam enam uji coba terakhir tidak terkalahkan. Romelu Lukaku dkk menang empat kali dan imbang dua kali.

Selain mengalahkan Kosta Rika, tiga kemenangan lainnya yang diraih Belgia yakni menekuk Mesir, 3-0, menundukkan Saudi Arabia, 4-0 dan menang tipis 1-0 atas Jepang, sementara dua hasil imbang dijalani saat melawan Portugal berakhir tanpa gol dan melawan Meksiko imbang 3-3.

Sebaliknya bagi Kosta Rika, kekalahan ini merupakan yang kelima dari tujuh uji coba terakhir. Kosta Rika hanya dua kali memetik kemenangan pada tujuh uji coba terakhir yakni menundukkan Skotlandia, 1-0 dan menang 3-0 atas Irlandia Utara.

Kekalahan demi kekalahan yang diderita Kosta Rika pada uji coba yakni dihajar Spanyol, 0-5, kalah tipis 0-1 dari Hungaria, kembali menelan kekalahan 0-1 dari Tunisia, dan kalah 0-2 dari Inggris.

Tuan rumah Belgia sempat dikejutkan dengan gol Bryan Ruiz menit 24. Kecolongan satu gol, Belgia bangkit untuk menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1 lewat gol Dries Mertens menit 31 dan Romelu Lukaku menit 42.

Pada babak kedua, Belgia lebih banyak mengendalikan serangan. Pemain Manchester United, Romelu Lukaku mencetak gol kedua pada uji coba ini menit 50 lewat sundulan.

Pemain pengganti Michy Batshuayi yang baru masuk ke lapangan menit ke-52 menggantikan Dries Mertens memastikan kemenangan Belgia 4-1, setelah tendangan kaki kirinya gagal dimentahkan kiper Kosta Rika, Keylor Navas.

Pada Piala Dunia 2018, Belgia menjadi favorit lolos dari Grup G. Pada babak penyisihan grup mereka bersaing dengan Inggris, Panama dan Tunisia. Sementara Kosta Rika berada di Grup E bergabung dengan juara lima kali Brasil, Swiss dan Serbia. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *