Mendikbud Minta Siswa Miskin Gratis dan Diberi Santunan

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy berharap sekolah-sekolah yang mempunyai siswa miskin digratiskan biaya sekolahnya.

Hal tersebut disampaikan Muhadjir Effendy saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah (SMAMDA) 2 Sidoarjo, Kamis (12/1/2017).

“Memang untuk SMA dan SMK selama ini belum gratis, yang gratis kan SD dan SMP,” kata Muhadjir Effendy pada wartawan saat sidak di SMAMDA 2 Sidoarjo, Kamis (12/1/2017).

“Yang jelas kami mengharapkan siswa-siswi miskin digratiskan. Selain digratiskan juga harus diberikan santunan,” imbuhnya.

Muhadjir menegaskan, pungutan yang dilakukan di sekolah harus sesuai aturan. Pihaknya sudah mengeluarkan peraturan menteri yang mengatur khusus pungutan siswa.

“Kami sudah menandatangani peraturan Menteri, untuk sekolah SD dan SMP diperbolehkan mengali dana atau pungutan tapi tidak boleh liar dan melanggar hukum. Yang kami harapkan penggalian dana tersebut harus dikelola dengan baik untuk memajukan sekolah,” urainya.

Pada bagian lain, Muhadjir Effendy menjelaskan, penggalian dana tersebut jangan terlalu dibebankan pada wali murid. “Kalau perlu alumni dan donator, seperti alumni yang sudah berhasil menjadi pengusaha atau penjabat seperti jadi Bupati, Wali Kota, DPR dan jadi Menteri,” tandasnya. (pn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *