Liga Inggris
Tottenham Hotspur Hajar Tuan Rumah Southampton, 4-1

SOUTHAMPTON, SURYAKABAR.com – Tottenham Hotspur berhasil membawa pulang tiga poin dari kandang Southampton. Ini setelah dalam laga penutup Boxing Day tahun ini, Tottenham menang 4-1 (1-1) di St Mary’s Stadium, Kamis (29/12/2016) dinihari WIB.

Tuan rumah Southampton mengawali pertandingan dengan bagus. Tim asuhan Claude Puel sempat memberi harapan besar kepada pendukungnya lewat gol cepat yang dicetak Virgil van Dijk ketika pertandingan baru berjalan 69 detik.

Mendapat kesempatan tendangan bebas, umpan James Ward Prowse yang melambung di dalam kotak penalti berhasil disambut dengan tandukan oleh Virgil van Dijk untuk menjebol gawang Tottenham yang dikawal Hugo Lloris.

Tersentak dengan gol cepat, perlahan Tottenham berhasil menguasai permainan. Usaha Tottenham untuk menyamakan kedudukan, akhirnya terwujud menit 19.

Serbuan Moussa Sissoko dari kanan pertahanan Southampton, Sissoko melepas umpan lambung. Bola sempat membentur badan pemain belakang Southampton, namun bola tetap mengarah ke mulut gawang Southampton. Dengan cepat Dele Alli menyambar dengan tandukan untuk menjebol gawang Southampton sekaligus membuat kedudukan imbang 1-1 yang bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di awal babak kedua, permainan kedua tim berimbang. Tottenham berhasil memanfaatkan kesempatan untuk membalikkan keadaan. Ini menyusul lahirnya gol dari tandukan Harry Kane menit 52 memanfaatklan tendangan penjuru Christian Eriksen.

Ditengah upaya untuk mengejar ketinggalan, Southampton justru harus bermain dengan 10 pemain, setelah Nathan Redmond diganjar kartu merah oleh wasit Mike Dean menit 57, gara-gara melakukan pelanggaran keras dengan mendorong Dele Alli di dalam kotak penalti.

Wasit Mike Dean tidak hanya mengusir Redmond, namun juga memberi hukuman penalti kepada Southampton. Kesempatan emas untuk menambah gol lewat titik penalti ini gagal dimaksimalkan Harry Kane. Tendangan Kane melambung.

Bermain dengan 10 pemain membuat Southampton kesulitan membendung gempuran bertubi-tubi Tottenham. Namun, Tottenham baru bisa menambah dua gol menjelang pertandingan berakhir.

Pemain pengganti Heung Min Son mencetak gol ketiga Tottenham menit 85 dan Dele Alli melengkapi kemenangan tim asuhan Mauricio Pochettino menjadi 4-1 menit 87.

Berkat tambahan tiga poin membuat posisi Tottenham kokoh di posisi kelima klasemen sementara mengumpulkan 36 poin atau terpaut satu poin dari posisi empat Arsenal. Puncak klasemen sementara tetap dihuni Chelsea dengan 46 poin.

Sebaliknya kekalahan ini membuat Southampton terpaku di peringkat delapan mengoleksi 24 poin. Mereka gagal menggusur Everton yang berada di posisi tujuh dengan 26 poin. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *