SMP Wahid Hasyim 8 Waru Sidoarjo Gelar Teatrikal Hari Santri Nasional

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – SMP Wahid Hasyim 8 Waru Sidoarjo menggelar teatrikal para santri dalam perjuangan Kemerdekaan RI. Teatrikal yang digelar di halaman sekolah ini diikuti puluhan siswa dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2024. Hari Santri Nasional diperingati setiap 22 Oktober.

Dalam teatrikal ini digambarkan, para santri bersama pejuang yang lain berperang melawan pasukan penjajah. Digambarkan pula, para santri yang tergabung dalam Laskar Hisbullah berperang melawan penjajah menggunakan senjata sederhana.

Baca Juga:  HUT Ke-15 FIB Universitas Brawijaya, Ratusan Peserta Ramaikan Cosplay Fun Run, Usung Tema Superhero

Effendi, salah satu guru SMP Wahid Hasyim 8 Waru mengatakan, dalam teatrikal ini juga digambarkan para santri menemui Kiai Haji Hasyim Asy’ari, pendiri Jamiyah Nahdlatul Ulama. “Menemui beliau, para santri memohon titah dalam perjuangan melawan pasukan penjajah,” tuturnya, Selasa (22/10/2024).

Baca Juga:  Basket SMP Raudlatul Jannah Waru Kalahkan SMPN 3 Sidoarjo di Turnamen Smaradja Cup III 2024
Baca Juga:  SMP Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo Gelar Puncak Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Ini Beragam Kegiatannya

Ia melanjutkan, usai menerima petunjuk KH Hasyim Asy’ari, Laskar Santri menyerang pasukan Inggris di Surabaya yang dipimpin Jenderal Aubertin Walter Sothern Malaby yang akhirnya tewas.

“Pihak sekolah mengaku sengaja menggelar teatrikal ini untuk memperingati Hari Santri Nasional ke sepuluh agar para siswa bisa mengenang dan meneladani perjuangan para santri bersama pejuang lain mengusir penjajah,” tandasnya. (sat)