PON 2024 Aceh Sumut
Jatim Rebut Emas Sepak Bola Putra PON 2024, Kalahkan Jabar di Final

DELI SERDANG, SURYAKABAR.com – Penantian panjang sepak bola putra Jawa Timur (Jatim) untuk kembali merebut medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) berakhir.

Sepak bola putra Jatim merebut medali emas PON XXI 2024 Aceh Sumut, setelah di final menang 1-0 atas Jawa Barat (Jabar) di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu (18/9/2024) malam.

Sukses ini mengakhiri penantian panjang Jatim selama 16 tahun untuk kembali merebut medali emas. Terakhir sepak bola putra Jatim merebut medali emas di PON 2008 Kalimantan Timur.

Baca Juga:  Final Tunggal Putri, Pebulu Tangkis Jatim Aurelia Salsabila Bidik Emas PON 2024, sebelum Gantung Raket

Medali emas PON 2024 ini sekaligus menempatkan sepak bola putra Jatim sebagai tim terbanyak yang mengoleksi medali emas yakni lima kali.

Sebelumnya Jatim meraih medali emas di PON 1996, 2000, 2004, dan 2008. Khusus PON 2004 Palembang, Jatim menjadi juara bersama dengan Papua.

Baca Juga:  Megawati Tampil Impresif, Bola Voli Indoor Putri Jatim ke Final PON 2024, setelah Kalahkan DKI Jakarta
Baca Juga:  43 Mahasiswa Masase Unesa Jadi Tim Terapi Fisik PON 2024

Laga final Jatim melawan Jabar berlangsung ketat. Gol kemenangan Jatim lahir menit 71 dari eksekusi tendangan penalti Ranno Jutati. Penalti diberikan wasit untuk Jatim, setelah kiper Jabar Sujarmin dinilai melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti.

Sukses Jatim merebut medali emas ini tidak lepas dari sosok pelatih Fakhri Husaini. Penampilan Jatim di PON 2024 tidak pernah tersentuh kekalahan.

Di fase grup, Jatim berada di Grup C. Tiga kali bertanding, Jatim menang dua kali yakni mengalahkan Papua Pegunungan 2-1 dan menundukkan Papua 1-0 serta bermain imbang 2-2 menghadapi Riau.

Sukses itu mengantar Jatim sebagai juara Grup C sekaligus melangkah ke perempat final. Hasilnya, di delapan besar Jatim menang 1-0 atas Nusa Tenggara Timur. Di babak semifinal, Fakhri berhasil membawa Jatim mengalahkan tuan rumah Aceh 3-2.

Bagi Jabar, buntut kekalahan di final ini membuat mereka meraih medali perak, sedang medali perunggu direbut Aceh yang mengalahkan Kalimantan Selatan 2-1. (*)