KAI Daop 8 Menutup Perlintasan Sebidang JPL 38 dan JPL 39 Desa Sawotratap Gedangan Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Perlintasan sebidang kereta api di Jalan Raden Wijaya, Desa Sawotratap Gedangan, Sidoarjo, ditutup mulai Selasa (23/7/2024). Penutupan perlintasan sebidang ini dilaksanakan KAI Daop 8 Surabaya berkolaborasi dengan Dishub Kabupaten Sidoarjo, Dishub Provinsi Jawa Timur dan juga Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Surabaya.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, penutupan perlintasan ini merupakan langkah untuk mengamankan perjalanan kereta api dan juga pengendara serta masyarakat sekitar.

Penutupan perlintasan sebidang ini dilakukan setelah beroperasinya fly over Juanda, dan juga pengoperasian frontage road Letjen S Parman yang berada di sisi timur jalur KA dan juga Jalan Raya Waru 1.

Baca Juga:  KAI dan Kejati Jatim Tandatangani Perjanjian Kerja Sama Penanganan Masalah Hukum di Atas Kereta Api

“Di JPL 39 telah ditutup semi permanen sejak beroperasinya fly over Juanda, dan dengan beroperasinya frontage road Letjen S Parman serta fly over Juanda, maka JPL 38 dan JPL 39 dilakukan penutupan perlintasan sebidang,” terangnya.

Luqman Arif menambahkan, sebelum melakukan penutupan, KAI Daop 8 Surabaya bersama Dishub Kab Sidoarjo telah melakukan sosialisasi dengan mendatangkan unsur kewilayahan dan warga setempat.

Baca Juga:  Tour de Banyuwangi Ijen Terbagi Empat Etape, Sajikan Keindahan Bentang Alam Banyuwangi
Baca Juga:  Polwan Polsek Krian Polresta Sidoarjo Edukasi Pelajar SD Muhammadiyah 6 Krian Terkait Dampak Negatif Bermedia Sosial

Setelah perlintasan sebidang di JPL 38 ditutup, bagi pengendara yang akan menuju Jalan Raden Wijaya, bisa melalui frontage road Letjen S Parman dari JPL 36 yang berada di pintu masuk menuju Perumahan Delta Sari Indah.

“Sementara itu, pengendara yang akan menuju arah Bandara Juanda, dapat melalui fly over Djuanda,” imbuhnya.

Penutupan perlintasan sebidang ini merupakan langkah pencegahan terhadap gangguan perjalanan kereta api di perlintasan sebidang kereta api.

Selain itu, pemerintah juga telah memberikan dukungan dengan membangun fly over yang menghubungkan Jalan Raya Waru 1 dengan Jalan Raya Bandara Juanda. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *